Kompas.com - 16/02/2015, 19:09 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sistem operasi berbasis Android buatan Xiaomi, MIUI, diklaim telah digunakan di 100 juta perangkat Android. Semenjak dirilis pada Agustus 2010, MIUI telah berkembang pesat.

Dilansir KompasTekno, Senin (16/2/2015) dari TechinAsia, pada delapan bulan terakhir pada 2014, pengguna MIUI bertumbuh dua kali lipat dari periode sebelumnya.

MIUI sejatinya adalah aplikasi antarmuka untuk Android. Namun Xiaomi menyebutnya sebagai sebuah sistem operasi karena memiliki toko aplikasi tersendiri, penyimpanan data berbasis cloud, dan fitur-fitur unik yang membuatnya berbeda dengan yang dimiliki Android.

Tingkat fleksibilitas MIUI disebut-sebut sebagai alasan meningkatnya pengguna MIUI tiap tahun. Ini juga membantu penjualan smartphone Xiaomi yang mencapai 61 juta perangkat tahun lalu.

Pasalnya, MIUI memungkinkan siapapun menyematkan custom ROM ni pada perangkat Android dengan proses "flashing". Yakni, menghapus versi antarmuka Android pada perangkat dan menggantinya dengan MIUI.

MIUI juga populer digunakan ponsel Android merek lain karena memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak atau belum ada di Android standar dan antarmukanya yang mudah digunakan.

Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya akan banyak mencetak uang dari piranti lunaknya trsebut. Pada Desember 2013, Xiaomi telah meraup 4,9 juta dollar AS atau setara Rp 62 milliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.