Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi: MIUI Sudah Ganti "Wajah" 100 Juta Android

Kompas.com - 16/02/2015, 19:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi berbasis Android buatan Xiaomi, MIUI, diklaim telah digunakan di 100 juta perangkat Android. Semenjak dirilis pada Agustus 2010, MIUI telah berkembang pesat.

Dilansir KompasTekno, Senin (16/2/2015) dari TechinAsia, pada delapan bulan terakhir pada 2014, pengguna MIUI bertumbuh dua kali lipat dari periode sebelumnya.

MIUI sejatinya adalah aplikasi antarmuka untuk Android. Namun Xiaomi menyebutnya sebagai sebuah sistem operasi karena memiliki toko aplikasi tersendiri, penyimpanan data berbasis cloud, dan fitur-fitur unik yang membuatnya berbeda dengan yang dimiliki Android.

Tingkat fleksibilitas MIUI disebut-sebut sebagai alasan meningkatnya pengguna MIUI tiap tahun. Ini juga membantu penjualan smartphone Xiaomi yang mencapai 61 juta perangkat tahun lalu.

Pasalnya, MIUI memungkinkan siapapun menyematkan custom ROM ni pada perangkat Android dengan proses "flashing". Yakni, menghapus versi antarmuka Android pada perangkat dan menggantinya dengan MIUI.

MIUI juga populer digunakan ponsel Android merek lain karena memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak atau belum ada di Android standar dan antarmukanya yang mudah digunakan.

Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya akan banyak mencetak uang dari piranti lunaknya trsebut. Pada Desember 2013, Xiaomi telah meraup 4,9 juta dollar AS atau setara Rp 62 milliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com