Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Juta Perangkat Mobile Terjangkit Malware pada 2014

Kompas.com - 17/02/2015, 08:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Semakin banyak perangkat mobile infeksi malware. Sepanjang 2014, laporan Alcatel-Lucent yang dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Selasa (17/2/2015) menyebutkan bahwa angka infeksi program jahat di gadget mobile meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, sebanyak 0,68 persen perangkat mobile di seluruh dunia diperkirakan terinfeksi malware.Ini berarti sekitar 16 juta gadget di seluruh dunia telah menjadi korban program-program jahat.

Alcatel-Luccent menjelaskan bahwa sebagian besar malware mobile menyasar sistem operasi Android. Kurang dari 1 persen infeksi malware berasal dari ponsel iPhone dan BlackBerry.

Alcatel-Lucent
Perbandingan angka infeksi perangkat Android dan Windows kini sudah berimbang, menurut Alcatel-Lucent

Angka serangan malware yang menimpa platform Android kini tercatat sudah menandingi infeksi pada Windows, dengan angka perbandingan mencapai 50:50.

Mengenai kategorinya, Alcatel-Lucent mencatat pertumbuhan malware tipe spyware. Sebanyak enam dari 20 malware teratas berasal dari jenis ini.

Spyware biasanya menyerang perangkat mobile dengan tujuan memata-matai pengguna.

Tipe program jahat tersebut bisa melacak lokasi ponsel, memonitor panggulan masuk dan keluar, mengintip pesan teks dan e-mail, serta merekam aktivitas browsing di internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com