Kompas.com - 17/02/2015, 08:18 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Semakin banyak perangkat mobile infeksi malware. Sepanjang 2014, laporan Alcatel-Lucent yang dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Selasa (17/2/2015) menyebutkan bahwa angka infeksi program jahat di gadget mobile meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, sebanyak 0,68 persen perangkat mobile di seluruh dunia diperkirakan terinfeksi malware.Ini berarti sekitar 16 juta gadget di seluruh dunia telah menjadi korban program-program jahat.

Alcatel-Luccent menjelaskan bahwa sebagian besar malware mobile menyasar sistem operasi Android. Kurang dari 1 persen infeksi malware berasal dari ponsel iPhone dan BlackBerry.

Alcatel-Lucent
Perbandingan angka infeksi perangkat Android dan Windows kini sudah berimbang, menurut Alcatel-Lucent

Angka serangan malware yang menimpa platform Android kini tercatat sudah menandingi infeksi pada Windows, dengan angka perbandingan mencapai 50:50.

Mengenai kategorinya, Alcatel-Lucent mencatat pertumbuhan malware tipe spyware. Sebanyak enam dari 20 malware teratas berasal dari jenis ini.

Spyware biasanya menyerang perangkat mobile dengan tujuan memata-matai pengguna.

Tipe program jahat tersebut bisa melacak lokasi ponsel, memonitor panggulan masuk dan keluar, mengintip pesan teks dan e-mail, serta merekam aktivitas browsing di internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.