Museum Terkemuka Mulai Haramkan Tongsis

Kompas.com - 18/02/2015, 09:09 WIB
Pasangan berfoto menggunakan tongkat narsis (tongsis) di salah satu kawasan wisata, di Seoul, Korea Selatan, 26 November 2014. Tongsis yang dijual dan beredar di negara K-pop tersebut diwajibkan melalui sertifikasi khusus. AFP PHOTO / ED JONESPasangan berfoto menggunakan tongkat narsis (tongsis) di salah satu kawasan wisata, di Seoul, Korea Selatan, 26 November 2014. Tongsis yang dijual dan beredar di negara K-pop tersebut diwajibkan melalui sertifikasi khusus.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Tongsis atau tongkat narsis ternyata masuk ke dalam kategori barang yang berbahaya. Alat bantu memotret diri sendiri itu pun haram digunakan saat mengunjungi museum-museum besar.

Larangan masuk museum itu, salah satunya berlaku di Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat. Alasan memasukkan tongsis dalam kategori berbahaya adalah kemungkinan alat tersebut jadi gangguan bagi pengunjung lain.

Seperti dikutip KompasTekno dari Peta Pixel, Rabu (18/2/2015), pengguna tongsis yang sedang memotret dirinya atau bersama sekelompok orang lain bisa memakan ruang yang tersedia. Terutama bila digunakan saat museum dalam kondisi ramai.

Selain itu, bentuk tongsis yang panjang bisa mengancam keamanan karya seni berharga yang dipajang di museum. Masalahnya adalah tindakan pengguna tongsis yang kerap kali berlebihan saat mencari pose sempurna, bahkan bisa saja mereka nekat memotret sangat dekat dengan karya seni.

Selain Metropolitan Museum of Art, ada juga sejumlah museum lain yang melarang penggunaan tongsis. Museum tersebut adalah The National Gallery of Art, The Smithsonian, The Hirshhorn Museum and Sculpture Garden di Washington, serta Museum of Fine Arts di Houston.

Kabar soal pelarangan tongsis di museum muncul tak lama pasca keputusan klub-klub Eropa melarang alat bantu foto itu masuk ke stadion. Alasan pelarangan ini adalah potensi tongsis untuk digunakan sebagai senjata bila terjadi kerusuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber PetaPixel

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X