Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Terkemuka Mulai Haramkan Tongsis

Kompas.com - 18/02/2015, 09:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PetaPixel
KOMPAS.com - Tongsis atau tongkat narsis ternyata masuk ke dalam kategori barang yang berbahaya. Alat bantu memotret diri sendiri itu pun haram digunakan saat mengunjungi museum-museum besar.

Larangan masuk museum itu, salah satunya berlaku di Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat. Alasan memasukkan tongsis dalam kategori berbahaya adalah kemungkinan alat tersebut jadi gangguan bagi pengunjung lain.

Seperti dikutip KompasTekno dari Peta Pixel, Rabu (18/2/2015), pengguna tongsis yang sedang memotret dirinya atau bersama sekelompok orang lain bisa memakan ruang yang tersedia. Terutama bila digunakan saat museum dalam kondisi ramai.

Selain itu, bentuk tongsis yang panjang bisa mengancam keamanan karya seni berharga yang dipajang di museum. Masalahnya adalah tindakan pengguna tongsis yang kerap kali berlebihan saat mencari pose sempurna, bahkan bisa saja mereka nekat memotret sangat dekat dengan karya seni.

Selain Metropolitan Museum of Art, ada juga sejumlah museum lain yang melarang penggunaan tongsis. Museum tersebut adalah The National Gallery of Art, The Smithsonian, The Hirshhorn Museum and Sculpture Garden di Washington, serta Museum of Fine Arts di Houston.

Kabar soal pelarangan tongsis di museum muncul tak lama pasca keputusan klub-klub Eropa melarang alat bantu foto itu masuk ke stadion. Alasan pelarangan ini adalah potensi tongsis untuk digunakan sebagai senjata bila terjadi kerusuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com