Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Musuh Baru" Android Buatan Samsung Ludes

Kompas.com - 18/02/2015, 12:25 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung sudah mulai menjual smartphone Z1 bersistem operasi Tizen di beberapa negara. Ternyata hasil penjualan ponsel "musuh Android" ini lebih baik dari yang diharapkan, sebanyak 120.000 unit ludes terjual.

Sumber internal mengatakan, sejak peluncurannya pada 14 Januari 2015, sebanyak 100.000 unit smartphone Z1 terjual di India. Sementara itu terhitung dari 3 Februari lalu, 20.000 unit sudah habis dijual di Banglades.

Dikutip KompasTekno dari Business Korea, Rabu (18/2/2015), angka tersebut dinilai sebagai capaian besar mengingat sistem operasi yang digunakan benar-benar baru dan punya banyak saingan.

Meski capaian Samsung Z1 sendiri baru sekitar satu persen dari total pasar di kedua negara tersebut yang bisa mencapai penjualan 7,5 juta unit smartphone per bulan.

Samsung Z1 dibanderol dengan kisaran harga 90 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,1 juta. Sistem operasi Tizen di dalamnya diklaim memberikan ciri khas berupa kemampuan browsing cepat, multitasking yang mulus hingga daya tahan baterai mumpuni.

Dari sisi spesifikasi, Z1 dibekali dengan layar 4 inci berketajaman 480 x 800 piksel. Dapur pacunya berupa prosesor dual core 1,2 GHz dan RAM 786 MB. Selain itu, Samsung juga menyematkan fitur dual SIM, kamera utama 3 megaiksel serta ruang penyimpanan data 4 GB.

Rencananya, raksasa elektronik Korea Selatan itu akan meluncurkan Z1 ke pasar-pasar Asia lainnya. Beberapa negara yang jadi target mereka antara lain Indonesia, Sri Lanka, dan Nepal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com