BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Oppo Mulai Selidiki Produk "Replika"

Kompas.com - 19/02/2015, 13:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Oppo dikenal sebagai pencipta sejumlah desain inovatif seperti smartphone dengan kamera putar dan ponsel pintar berbodi tertipis.

Belakangan, pabrikan Tiongkok tersebut menilai  produk ponsel lain yang meniru rancangan gadget buatannya mulai banyak bermunculan di Indonesia

Keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, Rabu (18/2/2015) menyebutkan bahwa produk "replika" ini banyak beredar di daerah.

"Sejak tahun lalu, beberapa merek lokal sudah memasarkan smartphone yang memiliki desain identik dengan produk kita, namun di awal tahun ini jumlahnya semakin bertambah saja," keluh CEO Oppo Indonesia, Jet Lee.

Menurut Oppo, produknya yang paling banyak ditiru adalah jenis smartphone dengan kamera putar, yakni N1 dan N1 Mini. Di samping itu ada pula produk yang mirip dengan ponsel Find 7.

Khawatir kenyamanan pengguna akan dirugikan oleh ponsel yang dinilai sebagai replika ini, Oppo memutuskan untuk mulai mengambil tindakan.

"Apa yang kami lakukan saat ini mengumpulkan bukti-bukti di lapangan untuk kemudian diserahkan kepada divisi R&D kami di pusat agar dapat ditindaklanjuti," kata Lee.

"Kami juga akan melakukan pengencekan apabila mereka juga melanggar paten kami pada teknologi yang kami pakai," tambah dia lagi.

Untuk menghindari pengalaman yang tidak mengenakkan, Oppo menyarankan konsumen yang berminat terhadap produk Oppo agar hanya membeli produk dari toko resmi seperti Oppo store, juga jaringan ritel dan dealer yang bekerjasama dengan Oppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com