BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Oppo Mulai Selidiki Produk "Replika"

Kompas.com - 19/02/2015, 13:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Oppo dikenal sebagai pencipta sejumlah desain inovatif seperti smartphone dengan kamera putar dan ponsel pintar berbodi tertipis.

Belakangan, pabrikan Tiongkok tersebut menilai  produk ponsel lain yang meniru rancangan gadget buatannya mulai banyak bermunculan di Indonesia

Keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, Rabu (18/2/2015) menyebutkan bahwa produk "replika" ini banyak beredar di daerah.

"Sejak tahun lalu, beberapa merek lokal sudah memasarkan smartphone yang memiliki desain identik dengan produk kita, namun di awal tahun ini jumlahnya semakin bertambah saja," keluh CEO Oppo Indonesia, Jet Lee.

Menurut Oppo, produknya yang paling banyak ditiru adalah jenis smartphone dengan kamera putar, yakni N1 dan N1 Mini. Di samping itu ada pula produk yang mirip dengan ponsel Find 7.

Khawatir kenyamanan pengguna akan dirugikan oleh ponsel yang dinilai sebagai replika ini, Oppo memutuskan untuk mulai mengambil tindakan.

"Apa yang kami lakukan saat ini mengumpulkan bukti-bukti di lapangan untuk kemudian diserahkan kepada divisi R&D kami di pusat agar dapat ditindaklanjuti," kata Lee.

"Kami juga akan melakukan pengencekan apabila mereka juga melanggar paten kami pada teknologi yang kami pakai," tambah dia lagi.

Untuk menghindari pengalaman yang tidak mengenakkan, Oppo menyarankan konsumen yang berminat terhadap produk Oppo agar hanya membeli produk dari toko resmi seperti Oppo store, juga jaringan ritel dan dealer yang bekerjasama dengan Oppo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.