Kompas.com - 23/02/2015, 09:07 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Lenovo sudah merilis cara manual untuk menghapus malware Superfish dari sistem. Meskipun begitu, bagi yang merasa kesulitan dengan cara yang diberikan, perusahaan asal Tiongkok ini menawarkan solusi yang lebih mudah. Apakah itu?

Seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (23/2/2015), Lenovo merilis semacam software atau tool untuk menjawab permasalahan Superfish.  Tool ini nantinya dapat digunakan untuk menghapus malware tersebut secara otomatis, tanpa harus menggunakan cara manual.

Untuk mendapatkan tool tersebut, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Besaran file software ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 5,7 megabyte saja. Cara pengoperasian dari tool tersebut pun tidak terlalu sulit.

Pengguna hanya perlu mengklik sebuah kotak bertuliskan "Analyze and Remove Superfish now". Secara otomasi, sistem akan mencari file malware tersebut di dalam sistem. Jika ditemukan, tool ini akan langsung melenyapkan program berbahaya ini.

Beberapa saat lalu, seorang peneliti keamanan cyber menemukan sebuah malware bernama Superfish dalam laptop Lenovo yang baru dibelinya. Menurutnya, malware itu masuk dalam kategori adware. Ia bisa menyuntikkan iklan-iklan yang tidak diinginkan oleh pengguna komputer ketika membuka situs apa pun.

Tidak hanya iklan, Superfish bisa menjadi berbahaya karena keberadaan sertifikat HTTPS yang "ditandatangani" oleh dirinya sendiri. Sertifikat ini bisa dipakai memotong lalu lintas menuju ke suatu laman web dan dimanfaatkan oleh penyerang untuk menyamar menjadi halaman tujuan pengguna.

Lenovo mengatakan sudah berhenti menggunakan Superfish. Malware tersebut semula dipasang demi meningkatkan kenyamanan pengguna yang suka berbelanja, namun sudah tidak digunakan sejak Januari 2015 karena banyak pengguna yang merasa kurang nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.