Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Buang "Superfish" dari Laptop Lenovo

Kompas.com - 23/02/2015, 14:05 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Lenovo tidak bekerja sendirian dalam mengatasi masalah malware Superfish. Perusahaan asal Tiongkok tersebut juga dibantu oleh Microsoft untuk mengurangi populasi program jahat tersebut di dunia.

Microsoft membantu Lenovo melalui aplikasi antivirus Windows Defender. Seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Senin (23/2/2015), program tersebut kini secara aktif menghapus atau menghilangkan Superfish yang hadir secara pre-installed di produk tertentu Lenovo.

Selain dapat digunakan menghapus Superfish, Windows Defender akan me-reset setiap sertifikat SSL yang "terinfeksi" Superfish, mengembalikannya ke kondisi awal.

Windows Defender sendiri merupakan software antivirus buatan Microsoft yang hadir secara langsung (pre-install) di Windows. Piranti lunak yang tersedia secara gratis ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga OS Windows dari serangan dan juga menghapus berbagai malware lain yang menyerang.

Sekadar catatan, hanya Windows Defender versi terbaru saja yang bisa digunakan untuk mencari dan menyelesaikan masalah malware Superfish ini. Oleh karena itu, segera update Windows Defender untuk mengatasinya.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan update Windows Defender. Salah satunya adalah dengan melakukan pembaruan Windows. Dengan cara ini, secara otomatis Windows Defender akan ikut mendapatkan pembaruan.

Jika ingin mengunduh pembaruan Windows Update secara manual, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Beberapa saat lalu, seorang peneliti keamanan cyber menemukan sebuah malware bernama Superfish dalam laptop Lenovo yang baru dibelinya. Menurutnya, malware itu masuk dalam kategori adware. Ia bisa menyuntikkan iklan-iklan yang tidak diinginkan oleh pengguna komputer ketika membuka situs apa pun.

Tidak hanya iklan, Superfish bisa menjadi berbahaya karena keberadaan sertifikat HTTPS yang "ditandatangani" oleh dirinya sendiri. Sertifikat ini bisa dipakai memotong lalu lintas menuju ke suatu laman web dan dimanfaatkan oleh penyerang untuk menyamar menjadi halaman tujuan pengguna.

Lenovo mengatakan sudah berhenti menggunakan Superfish. Malware tersebut semula dipasang demi meningkatkan kenyamanan pengguna yang suka berbelanja, namun sudah tidak digunakan sejak Januari 2015 karena banyak pengguna yang merasa kurang nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com