Kompas.com - 25/02/2015, 08:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Meski telah berhenti menjual Glass, Google ternyata tidak benar-benar berhenti mengembangkan proyek produk kacamata pintarnya. Beberapa saat setelah pengumuman penghentian tersebut, Google dikabarkan masih terus bersiap untuk menghadirkan Glass generasi berikutnya.

Buktinya? Beberapa sumber yang namanya tidak mau disebutkan membagikan beberapa informasi kepada media 9to5Google. Menurut sumber tersebut, Google saat ini bahkan telah berkali-kali menunjukan purwarupa atau prototipe dari Glass generasi dua kepada beberapa rekanan yang tergabung dalam program Glass at Work.

Seperti dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (25/2/2015), versi kedua dari Glass ini, yang masih dalam tahap paling awal dalam pengembangan, mulai dipamerkan kepada para rekanan Oktober 2014 lalu, beberapa bulan sebelum penutupan proyek Glass pertama.

Ada kemungkinan, prototipe yang satu ini merupakan model lama yang dibuat oleh tim pengembang sebelumnya, yakni Google X.

Di awal tahun 2015, Google juga dikatakan masih menunjukan sebuah versi prototipe Glass 2 kepada rekanan Glass at Work lainnya.

Kemudian, setelah berganti pimpinan proyek dan penutupan proyek, Google masih belum berhenti memperlihatkan prototipe Glass 2. Dikatakan, Google sudah bertemu dengan satu rekanan lainnya, bahkan setelah mereka berhenti menjual Glass Explorer Edition.

Akan tetapi, masih belum jelas apakah prototipe yang diperlihatkan masih purwarupa model lama atau model yang lebih baru.

Sumber tersebut juga membeberkan bahwa kelompok pengembang Glass telah direorganisasi setelah penutupan proyek Glass generasi pertama. Setelah mengalami perubahan, kelompok ini secara resmi sudah disebut sebagai tim "baru" pengembang Google Glass.

Sebelumnya, Google secara mengejutkan menghentikan proyek Google Glass Explorer Edition dengan menghentikan penjualan produk pada 19 Januari 2015 lalu.

Proyek Glass juga dilepas dari divisi Google X yang selama ini mengembangkannya. Selanjutnya, Glass akan berdiri sebagai divisi tersendiri dalam Google. Mantan eksekutif Apple Tony Fadell ditunjuk sebagai pengawas divisi tersebut. Sementara operasional harian tetap dikelola oleh Ivy Ross.

Meski sudah menunjukan prototipe Glass 2 kepada rekanan, belum diketahui apakah produk jadinya sudah akan dipamerkan dalam waktu dekat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.