Kompas.com - 26/02/2015, 09:12 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sistem operasi mobile buatan Google dan Apple benar-benar mendominasi dunia smartphone pada tahun 2014 lalu. Menurut International Data Corporation (IDC), kombinasi pangsa pasar dari Android bikinan Google dan iOS buatan Apple berhasil menyentuh angka sebesar 96,3 persen.

"Kombinasi dari kuatnya kebutuhan pengguna, portfolio produk yang diperbarui, dan ketersediaan perangkat murah--khususnya Android--mendorong meningkatnya volume (penjualan)," tulis Ramon Llamas, Research Manager IDC Mobile Team, dalam keterangan pers pada situs resmi IDC yang dikutip KompasTekno, Kamis (26/2/2015).

IDC
Pangsa pasar OS smartphone di 2014
Dari persentase sebesar itu, pangsa pasar OS mobile Android di tahun 2014 lalu masih berjarak sangat lebar dari iOS. Tahun lalu, ada lebih dari 1,059 miliar perangkat berbasis Android yang terjual. Nilai tersebut melambangkan pangsa pasar sebesar 81,5 persen.

Uniknya, jumlah penjualan perangkat Android di tahun 2014 tersebut tercatat lebih besar dari penjualan semua smartphone di tahun 2013. Pada tahun itu, penjualan smartphone dunia tercatat berada di angka 1.018 miliar unit.

Produsen yang berkontribusi paling banyak untuk pangsa pasar Android dunia adalah Samsung. Menurut IDC, perusahaan asal Korea Selatan tersebut memimpin dengan jarak yang sangat lebar dari produsen produk berbasis Android lainnya.

Sementara itu, jumlah penjualan iPhone di tahun 2014 mengalami sedikit peningkatan ketimbang tahun 2013. Apabila di tahun 2013 Apple berhasil menjual 153,4 juta iPhone, di tahun 2014 ada 192,7 juta unit iPhone yang dibeli warga dunia.

Akan tetapi, meski mengalami peningkatan volume, pangsa pasar Apple sedikit menurun, dari 15,1 persen di 2013, menjadi 14,8 persen di 2014. Mengecilnya pangsa pasar tersebut, mungkin, akibat besarnya penjualan produk berbasis Android di 2014.

Yang juga menarik perhatian pada data yang dilansir oleh IDC ini adalah BlackBerry. Di tahun 2014, jumlah penjualan mereka menurun menjadi 5,8 juta unit dari 19,2 juta unit di 2013.

Akibat penurunan tersebut, BlackBerry hanya mampu menguasai pangsa pasar di bawah 1 persen, tepatnya hanya 0,4 persen saja.

Sedangkan, Windows Phone masih bisa cukup bertahan dengan pangsa pasar sebesar 2,7 persen dengan penjualan perangkat yang mencapai 34,9 juta di tahun 2014 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber IDC



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.