Foto "Selfie" Dilelang Mulai Rp 9 Miliar, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 26/02/2015, 10:18 WIB
Wajah Bumi dari luar angkasa seperti diambil satelit Himawari 8 milik Jepang. Bumi tampak lebih abu-abu. Japan Meteorological AgencyWajah Bumi dari luar angkasa seperti diambil satelit Himawari 8 milik Jepang. Bumi tampak lebih abu-abu.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Jauh sebelum selfie menjadi gaya hidup masyarakat urban saat ini, Buzz Aldrin, penjelajah luar angkasa, telah ber-selfie ria di luar angkasa.

Hasil selfie tersebut telah diunggah Aldrin pada pertengahan tahun lalu melalui akun Twitter-nya. "BEST SELFIE EVER", begitu judul foto selfie yang diunggah astronot kenamaan ini.

Twitter Foto Selfie Buzz Aldrin di luar angkasa saat menjalani misi Gemini 12, November 1966.
Dilansir KompasTekno, Rabu (25/2/2015), dari Mashable, Aldrin akan melelang foto selfie itu di acara Bloomsbury Auction House di London, 26 Februari mendatang. Pria kedua yang menginjakkan kaki di bulan ini akan menjajakan fotonya bersama dengan lebih dari 1.100 foto tua lainnya.

Selain foto selfie Aldrin, ada pula beberapa foto ikonik NASA yang akan dilelang, di antaranya foto yang dibidik saat menjalankan misi Apollo 8. Foto itu menunjukkan planet kita melayang di atas cakrawala bulan.

Disinyalir, kisaran harga pelelangan foto di acara tersebut antara 750.000 hingga 1 juta dollar AS. Angka itu setara dengan Rp 9 miliar hingga Rp 12 miliar.

Perlu diketahui, pada 1966, Aldrin melakukan perjalanan luar angkasa melalui misi Gemini 12, yakni program antariksa Amerika Serikat sebagai pendahuluan proyek Apollo ke bulan.

Saat itu, Aldrin diminta untuk memotret sinar ultraviolet yang terpancar dari bintang dengan kamera yang dipasang di luar kendaraan luar angkasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, foto tersebut harus dilakukan saat gelap. Namun, saat matahari mulai muncul, Aldrin kemudian berpose memotret dirinya sendiri dengan latar belakang bumi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MASHABLE

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.