XL Digitalkan Nelayan dengan Aplikasi Android mFish

Kompas.com - 26/02/2015, 13:04 WIB
|
EditorReza Wahyudi
MATARAM, KOMPAS.com - Operator XL Axiata meluncurkan aplikasi mFish yang berguna memberikan informasi tentang laut dan ikan pada nelayan. Informasi di dalam aplikasi Android tersebut antara lain mencakup informasi cuaca, keberadaan plankton, harga ikan, dan ketinggian ombak.

Nelayan yang menggunakan aplikasi ini juga bisa melaporkan informasi mengenai dugaan atau tindakan pencurian ikan dan penangkapan dengan cara ilegal ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Deputy Chief Executive Officer XL Axiata mengungkapkan, ada dua alasan yang membuat operator telekomunikasi itu mengembangkan aplikasi ini. Pertama sebagai sinergi dengan program pemerintah di Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Alasan kedua adalah membuat masyarakat memanfaatkan alat-alat digital untuk membuka akses informasi yang mereka butuhkan.

"Dengan mFish ini, XL tidak hanya menyediakan jaringan saja tapi memberikan reason to use internet. Kami ingin mendigitalkan masyarakat Indonesia," ujarnya dalam peluncuran mFish di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (26/2/2015).

Act. Chief Digital Service Officer  XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan ada 18.000 paket mFish yang disiapkan untuk Lombok. "Selanjutnya akan disiapkan juga untuk Kendari, Tegal, Karimun Jawa. Totalnya 50.000 unit."

Paket mFish tersebut berisi ponsel Android yang terpasang aplikasi tersebut, koneksi ke internet, solar charger juga buku panduan pengguna. Selain diluncurkan hari ini, XL juga berniat memamerkannya di ajang Mobile World Congress 2015 di Barcelona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.