Kompas.com - 01/03/2015, 23:10 WIB
HTC Vive HTCHTC Vive
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
BARCELONA, KOMPAS.com - Tanpa diprediksi sebelumnya, HTC memperkenalkan sebuah headset dengan teknologi virtual reality (vr) di sela-sela acara peluncuran One M9 pada Minggu malam (1/3/2015). Perangkat yang dikerjakan bersama dengan perusahaan software Valve ini dinamakan HTC Vive.

Wartawan KompasTekno, Reza Wahyudi, berkesempatan langsung menyaksikan peluncuran produk tersebut yang diadakan di gedung Palau Sant Jordi, Barcelona, Spanyol.

"Kami dikenal sebagai perusahaan smartphone. Kini, kami siap bergerak ke chapter berikutnya", kata Peter Chou, CEO HTC.

Vive nantinya dilengkapi dengan sebuah teknologi yang mengizinkan penggunanya untuk melihat gambar dengan sudut pandang hingga 360 derajat.

Menurut pihak HTC, Vive merupakan perangkat vr pertama yang mengizinkan penggunanya untuk menjelajah satu isi ruangan virtual dan berinteraksi dengan benda-benda yang ada dalam ruangan tersebut.

"Kami menggunakan 70 sensor (di Vive), pengguna bisa menjelajah seluruh isi ruangan," kata Jeffery Gattis, Executive Director, Global Marketing--Connected Product HTC.

Reza Wahyudi/KompasTekno
Peter Chou, CEO HTC, saat memperkenalkan HTC Vive di ajang Mobile World Congress, Barcelona, Spanyol, Minggu (1/3/2015).

Bagian layar dari perangkat ini dikatakan mampu menghadirkan gambar dalam kecepatan 90 frame per detik. Menurut Gattis, dengan kemampuan tersebut, pengguna dijamin tidak akan mual atau pusing saat memakai Vive.

Meski tidak secara spesifik untuk kepentingan gaming, HTC dikatakan sudah berhasil menarik minat beberapa developer game mengembangkan konten untuk perangkat tersebut. Beberapa di antaranya adalah Vertigo Games, Bossa, Barry -Fireproof, Dovetail Games, Wemo Labs, Google, Steel Wool Games, dan Owlchemy.

Headset yang dilengkapi dengan teknologi vr tampak sedang diminati oleh perusahaan teknologi besar. Samsung, salah satu contohnya. Perusahaan asal Korea Selatan ini beberapa waktu lalu merilis sebuah perangkat vr yang dinamakan Gear VR.

Perusahaan sosial media Facebook pun tertarik dengan teknologi semacam ini. Perusahaan tersebut bahkan sampai membeli perusahaan Oculus VR dengan kocek yang sangat dalam, yakno sebesar 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 22,8 triliun.

HTC sendiri tidak mau ketinggalan dan, akhirnya, memutuskan untuk merilis Vive. Versi developer untuk perangkat ini sendiri dikatakan sudah akan dirilis pada bulan Maret ini.

Sementara itu, edisi konsumen atau versi retail dari Vive dijadwalkan bakal hadir pada akhir tahun 2015.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.