Kompas.com - 02/03/2015, 12:21 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorDeliusno
BARCELONA, KOMPAS.com — Banyak smartphone keluaran terbaru, yang meski mengusung hardware super, tidak mendukung 4G LTE di Indonesia.

HTC One M9, yang baru diresmikan, merupakan salah satu smartphone Android yang dibekali dapur pacu mumpuni. Yang menjadi pertanyaan, apakah One M9 sudah mendukung jaringan 4G LTE di Tanah Air?

Dihimpun KompasTekno dari berbagai sumber, smartphone Android 64 bit HTC tersebut sudah mendukung 4G berbagai frekuensi, termasuk frekuensi yang digunakan di Indonesia, yakni 900 dan 1.800 MHz.

HTC One M9 yang masuk Asia, termasuk Indonesia, akan mendukung jaringan 4G LTE frekuensi 700/900/1.800/2.100/2.600 MHz.

M9 juga mendukung dua tipe layanan 4G LTE, yaitu fixed division duplex (FDD) pada band 1, 3, 5, 7, 8, 20, dan 28; serta time division duplex (TDD) pada band 38, 40, dan 41. Jaringan 4G LTE di Indonesia sendiri mengadopsi teknologi FDD.

M9 juga mendukung teknologi voice over long term evolution (VoLTE), carrier aggregation, dan LTE kategori 6 yang kecepatan unduhnya bisa mencapai 300 Mbps dan unggah hingga 50 Mbps.

Meski belum menyeluruh di semua wilayah, Indonesia saat ini sudah bisa menjajal layanan internet teknologi 4G LTE. Pada tahap pertama, 4G digelar pada frekuensi 900 MHz. Tiga operator sudah menggelar 4G LTE di frekuensi 900 Mhz, yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat.

Untuk tahap kedua, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) berencana meluncurkan 4G LTE pada frekuensi 1.800 MHz. Rencananya, penerapan untuk teknologi itu akan dilakukan pada pertengahan 2015 ini.

Jika sesuai rencana, Indonesia akan menikmati 4G LTE full speed pada tahun ini. Dengan begitu, pengguna perlu teliti saat membeli smartphone keluaran terbaru. Perhatikan spesifikasinya, apakah mendukung 4G LTE frekuensi 900 MHz dan 1.800 MHz.

Sejauh ini, perangkat HTC yang sudah mendukung 4G Indonesia adalah HTC One M8 dan M9.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.