Kompas.com - 02/03/2015, 14:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

BARCELONA, KOMPAS.com — Sebagai model baru yang duduk di puncak hierarki smartphone, Samsung Galaxy S6 dibekali dengan aneka macam fitur unggulan. Justin Denison, VP Product Strategy and Marketing Team Samsung America, menjelaskan enam fitur ini dalam acara Galaxy Unpacked 2015 di Barcelona, Spanyol (1/3/2015).

1. Prosesor mumpuni

"Yang pertama adalah prosesor level berikutnya," kata Denison mengacu pada chip Exynos 7420 yang tertanam pada Galaxy S6. Dengan teknologi fabrikasi 14 nm, prosesor itu diklaim 20 persen lebih efisien daya dibandingkan chip Exynos pada Galaxy Note 4 yang dibuat dengan teknologi 20nm.

2. Layar cemerlang

Fitur andalan kedua, lanjut Denison, adalah kualitas layar yang prima. "Panel Super AMOLED kedua Galaxy S6 memiliki kepadatan piksel 577 ppi, 78 persen lebih banyak dibandingkan layar pada Galaxy S," ujar dia.

3. Baterai "cepat"

Efisiensi daya pada kedua Galaxy turut didukung oleh baterai yang mumpuni. Denison mengatakan, ponsel-ponsel baru tersebut paling cepat dibandingkan produk lain dalam urusan mengisi baterai. "Cukup isi baterainya 10 menit untuk mendapat masa pemakaian selama 4 jam," katanya.

4. Kamera berbukaan lebar

Fitur kamera pada kedua ponsel turut mendapat penekanan. Dengan bukaan f/ 1.9 pada kamera depan (5 megapiksel) dan belakang (16 megapiksel), Galaxy S6 diklaim mampu menghasilkan kualitas foto optimal di semua kondisi pencahayaan, terang maupun gelap. "Bukan cuma itu, kualitas videonya pun ikut meningkat," imbuh Denison.

5. Mobile payment

Tak ketinggalan solusi mobile payment yang ikut disematkan Samsung pada Galaxy S6. Samsung mengembangkan teknologi mobile payment milik sendiri yang bisa lebih diterima secara meluas di seluruh dunia ketimbang teknologi payment lain yang hanya bergantung pada NFC.

6. Sekuriti enterprise

Terakhir, Samsung menekankan fitur dukungan keamanan untuk enterprise pada Galaxy S6 melalui platform Knox. VP Enterprise Business Team Samsung Electronics Gregory Wade menyebutkan bahwa kedua ponsel menawarkan perlindungan teraman terhadap serangan cyber. "Standar keamanannya mendapat persetujuan dari agensi Pemerintah AS, Inggris, dan Finlandia yang dikenal paling ketat soal urusan sekuriti," katanya di panggung acara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.