Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Grand S3 Bisa Dibuka dengan Lirikan Mata

Kompas.com - 03/03/2015, 09:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - ZTE pamer smartphone teranyarnya, ZTE Grand S3, pada pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona.

Dilansir KompasTekno, Selasa (3/3/2015) dari PhoneArena, ponsel ini dapat membuka kunci (unlock) dengan memindai kedua mata menggunakan kamera depan. Dalam menggodok fitur Eyeprint ID ini, ZTE bekerjasama dengan software keamanan EyeVerify.

Ke depannya, pemindaian dengan mata juga bakal diterapkan untuk verifikasi pembayaran mobile dan aplikasi lainnya di Grand S3.

Cara memindai dengan kedua mata digunakan karena diklaim lebih aman dibanding sidik jari. Pasalnya, pembuluh darah di mata lebih beragam ketimbang corak sidik jari manusia. Apalagi, pemindaian dilakukan terhadap kedua mata.

Seperti terlihat dalam gambar, pengguna bisa membuka kunci layar perangkat ini dengan melirikkan mata ke sudut tertentu (kiri atas). Melalui kamera depan, perangkat itu kemudian akan membaca pola pembuluh darah pada mata.

PhoneArena
Fitur Eyeprint ID untuk membuka kunci ponsel dengan memindai kedua mata
Adapun spesifikasi lain dari ponsel ini adalah bentangan layar 5,5 inci dengan resolusi 1080x1920. Berjalan dengan sistem operasi Android 4,4, ponsel ini dipersenjatai chip Snapdragon 810 dan ditopang RAM 3 GB. Kapasitas penyimpanan internalnya 16 GB dan dapat ditambahi memori eksternal microSD hingga 64 GB.

Selain itu, ponsel ini memiliki dua kamera depan dan belakang. Kamera utama atau belakang beresolusi 16 megapiksel dengan kamera depan 8 megapiksel. Ponsel ini juga telah mendukung konektivitas LTE.

Grand S3 sebelumnya telah diluncurkan khusus di Tiongkok pada pertengahan Februari. Untuk desainnya yang diklaim minimalis dan filosofis, ponsel ini telah memenangkan International Forum (IF) Design Award 2015.

Dengan semua spesifikasi yang ditawarkan, ZTE Grand S3 dibanderol 478 dollar AS atau setara Rp 6-jutaan. Belum jelas kapan ponsel ini akan memasuki pangsa pasar Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com