Menguak Kecanggihan Prosesor Kencang Galaxy S6

Kompas.com - 03/03/2015, 14:38 WIB
Samsung memperkenalkan prosesor Exynos 7420 pada Samsung Unpacked 2015 di Barcelona, Spanyol. Oik Yusuf/KompasTeknoSamsung memperkenalkan prosesor Exynos 7420 pada Samsung Unpacked 2015 di Barcelona, Spanyol.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
BARCELONA, KOMPAS.com - Kemunculan Galaxy S6 turut menandai debut prosesor mobile terkini dari Samsung, Exynos 7420, yang dibenamkan di kedua perangkat tersebut.

Dengan skor AnTuTu di kisaran 69.000 menurut sumber-sumber di internet, Chip ini diklaim memiliki kinerja terkencang di dunia dengan delapan buah inti dan dukungan arsitektur 64-bit.

Tak cuma kencang, Exynos 7420 pun disebut hemat daya karena dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm.

"Untuk konsumen, teknologi 14nm ini meningkatkan efisiensi daya sambil tetap mempertahankan kinerja tinggi. Pemakaian dayanya lebih efisien dibandingkan prosesor pada Galaxy S5 yang menggunakan teknologi 20nm,” kata  Senior Manager Global Product Planning Samsung, Min Seok Kang, dalam sesi wawancara dengan jurnalis Indonesia di arena Mobile World Congress 2015 di Barcelona, Spanyol (2/3/2015).

Ucapan Kang sekaligus mempertegas pernyataan dariJustin Denison, VP Product Strategy and Marketing Team Samsung America, dalam acara peluncuran duet Galaxy S6 sehari sebelumnya.

Ketika itu Denison berujar bahwa chip yang tertanam pada Galaxy S6 lebih efisien daya hingga 20 persen dibandingkan prosesor milik Galaxy Note 4. Penggunaan RAM jenis LPDDR4 juga disebut meningkatkan efisiensi daya lebih jauh.

Pemerhati gadget Lucky Sebastian yang turut hadir dalam acara di Centre de Convencions Internacional de Barcelona itu mengatakan bahwa teknologi 14 nm yang diterapkan Samsung pada Exynos 7420 menciutkan ukuran transistor pada prosesor.

Teknologi fabrikasi yang lebih kecil ini memungkinkan prosesor yang lebih kencang dan lebih hemat daya dibuat dengan ukuran fisik yang sama dengan generasi sebelumnya.

“Ibaratnya jalan dari ruangan A ke ruangan B jadi lebih dekat sehingga untuk berpindah waktunya lebih cepat,” kataya memberi analogi.

“Pada akhirnya ini akan mempengaruhi penggunaan daya menjadi lebih irit,” kata Lucky, sambil menambahkan bahwa dia meyakini langkah Samsung menerapkan fabrikasi 14nm bakal diikuti oleh produsen chip mobile lain.

Menurut Min Seok Kang, Exynos 7420 merupakan prosesor mobile pertama di dunia yang dibuat menggunakan proses fabrikasi 14nm. Berbeda dari pendahulunya yang memakai dua jenis prosesor berbeda tergantung daerah pemasaran, nantinya Galaxy S6 bakal menggunakan chip ini secara eksklusif. “Chip itu akan disandingkan dengan chip radio komunikasi,” kata Kang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X