Kompas.com - 03/03/2015, 17:46 WIB
Oppo N1 (kanan) dan perangkat yang disebut Oppo sebagai OppoOppo N1 (kanan) dan perangkat yang disebut Oppo sebagai "replika" (kiri)
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, beredar ponsel dengan desain fisik yang tidak jauh berbeda dari perangkat milik Oppo, N1. Menanggapi hal tersebut, Oppo menyatakan kekesalannya dan berjanji akan mengambil langkah serius.

Jet Lee, CEO Oppo Indonesia, pun tidak bisa menyembunyikan kemarahannya atas produk yang disebut Oppo sebagai replika ini. Melalui akun Twitter-nya, Lee mengungkapkan kekesalannya.

"Tindakan profesional direfleksikan melalui hasrat dalam mencari inovasi dan menghargai pihak lain," tulis Lee.

"Produk replika apabila dibiarkan beredar akan merugikan banyak pihak, yang terbesar bukanlah dari kami namun calon konsumen kami yang tertipu akan kualitas barang rendah yang menggunakan Oppo sebagai mereknya," ujar Lee dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Selasa (3/3/2015).

Lebih lanjut, Lee membeberkan bahwa tim pihak Oppo pusat akan menyelidiki kasus tersebut. Selain dari segi kesamaan desain, perusahaan asal Tiongkok tersebut juga akan mengusut teknologi yang digunakan di perangkat lain, apakah melanggar hak paten atas teknologi yang dimiliki oleh Oppo atau tidak.

"Kami akan menyelidiki apakah ada kemungkinan produsen lain yang mengklaim teknologi kami, seperti pada mekanisme kamera berputar dan teknologi pengisian daya VOOC Flash Charge, karena kami menemukan indikasi produsen yang mulai meniru paten kami," tambahnya.

Agar tidak tertipu, Lee menyarankan bagi calon konsumen Oppo untuk membeli perangkat dari tempat resmi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Langkah terbaik untuk mebeli produk kami melalui experience store dan toko yang menjual produk OPPO di wilayah indonesia, kami sudah menyiapkan frontliner kami pada setiap toko tersebut untuk membantu dan memastikan produk yang dibeli masyarakat adalah Asli,” pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.