Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebble Punya "Senjata" Kalahkan Apple Watch

Kompas.com - 04/03/2015, 12:47 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Produsen jam tangan pintar Pebble memperkenalkan proyek barunya bernama Smartstrap. Proyek tersebut bisa menjadi senjata andalan Pebble dalam mengalahkan Apple Watch.

Smartstrap adalah proyek Pebble dalam membuat tali jam tangan pintar sebagai aksesoris jam tangannya. Smartstrap memiliki konektor data dan daya yang bisa terhubung dengan unit jam tangan.

Dengan demikian, smartstrap tersebut bisa dipasangi banyak sensor dan aplikasi sehingga memperkaya fitur dan kemampuan jam tangan Pebble.

Fitur-fitur aplikasi tambahan tersebut bisa terhubung dengan jam tangan pintar Pebble melalui API yang disediakan.

Menurut Pebble, seperti dikutip KompasTekno dari The Next Web, Selasa (3/3/2015), API tersebut bakal tersedia bagi developer dalam beberapa bulan setelah jam tangan Pebble Time dikirimkan pada bulan Mei mendatang.

Beberapa fungsi yang bisa dikembangkan oleh developer melalui smartstraps antara lain adalah fungsi GPS, monitor detak jantung, sensor NFC, serta baterai tambahan yang tertanam di tali jam.

Alih-alih memiliki satu perangkat dengan fungsi terbatas, smartstarps memungkinkan pengguna Pebble memiliki platform yang mendukung beragam sensor.

Sementara di sisi lain, jam tangan Apple Watch yang tak lama lagi akan diluncurkan Apple menuai kritikan karena memiliki sensor yang terbatas.

Apple tidak puas dengan kinerja beberapa sensor kesehatan yang ditanamkan dalam Apple Watch, dan memutuskan untuk menggantinya dengan sensor yang memiliki fungsi yang lebih sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com