Kompas.com - 04/03/2015, 16:08 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Jumlah penjualan konsol PlayStation (PS) 4 semakin perkasa. Bagaimana tidak, per 1 Maret 2015, konsol teranyar milik Sony tersebut dikatakan sudah terjual sebanyak 20.2 juta unit.

Sony sendiri yang mengumumkan jumlah penjualan tersebut di ajang Game Developers Conference yang saat ini sedang berlangsung di San Francisco, AS.

"Kami sungguh bersyukur untuk dukungan yang luar biasa dari penggemar PlayStation di seluruh dunia," kata Andrew House, President dan Global CEO Sony Computer Entertainment, seperti dikutip KompasTekno dari VentureBeat, Rabu (4/3/2015).

Lebih lanjut, perusahaan asal Jepang ini menyatakan bahwa PS4 merupakan anggota keluarga PlayStation dengan tingkat penjualan tercepat.

Sony tampak percaya diri, penjualan konsol mereka ini tetap laku di pasaran. Pasalnya, bakal ada beberapa judul game menarik yang sedang dikembangkan dan diluncurkan untuk konsol PS4.

Beberapa di antaranya adalah Uncharted 4: A Thief's End, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, Batman: Arkham Knight, dan Tearaway Unfolded.

Meski belum diketahui jumlah pasti tingkat penjualan konsol pesaing, PS4 tampaknya masih akan menjadi "juara konsol" untuk beberapa waktu ke depan.

Musababnya, berdasarkan data terakhir, jumlah penjualan konsol saingan, seperti Xbox One dan Wii U, masih berbeda sangat jauh ketimbang PS4.

Microsoft terakhir mengumumkan jumlah penjualan konsol mereka pada November 2014 lalu. Kala itu, Xbox One dikatakan sudah terjual lebih dari 10 juta unit, tanpa diketahui angka pastinya.

VGChartz, sebuah situs yang mendata jumlah penjualan konsol di dunia, mencatat, Xbox One baru terjual 11,4 juta unit. Sementara itu, Wii U baru ada di angka 9,2 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.