ISIS Punya 46.000 Akun di Twitter

Kompas.com - 06/03/2015, 14:10 WIB
Ilustrasi Telegraph.co.ukIlustrasi
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pendukung kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), berdasarkan sebuah hasil studi, diduga memiliki puluhan ribu akun aktif di situs linimasa Twitter.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Brookings Institution, sekitar 46.000 akun ditemukan terafiliasi dengan kelompok militan tersebut.

Seperti KompasTekno kutip dari PC World, Jumat (6/3/2015), akun tersebut terdeteksi pada bulan September hingga Desember 2014 lalu. Meskipun begitu, tidak semua akun tersebut aktif dalam waktu yang bersamaan.

"Angka 46.000 (akun) merupakan dugaan yang paling konservatif dalam rentang waktu tersebut. Dugaan maksimal kami, sebanyak 70.000 akun," tulis Brookings Institution.

Selain itu, diketahui juga bahwa pemilik akun-akun tersebut kebanyakan berada di wilayah Siria dan Irak. Hal ini tidak aneh memang, mengingat kedua negara tersebut merupakan basis dari ISIS.

Sebanyak satu dari lima akun yang diduga dekat dengan ISIS tersebut menggunakan bahasa Inggris dalam tweet-nya. Sementara itu, sekitar tiga perempatnya menggunakan bahasa Arab.

Kebanyakan dari akun Twitter tersebut rata-rata memiliki 1.000 follower, lebih banyak dari pengguna lain pada umumnya.

Sebelumnya, pendukung ISIS menyebarkan ancamannya kepada karyawan Twitter, terutama pendiri perusahaan, Jack Dorsey, melalui sebuah situs berbagi foto JustPaste.it.

Pasalnya, perusahaan penyedia layanan linimasa ini dikatakan sudah mengganggu ISIS dengan cara menghapus ribuan akun milik kelompok militan tersebut.

Pihak Twitter sendiri sudah memberikan tanggapannya terhadap ancaman tersebut. Menurut perwakilannya, mereka akan segera melakukan penyidikan terhadap kebenaran surat ancaman tersebut terlebih dahulu.

"Tim keamanan kami sedang menyelidiki kebenaran dari ancaman ini dengan penegak hukum," kata perwakilan tersebut.



Sumber PC World

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X