Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Garap Android "Virtual Reality"

Kompas.com - 08/03/2015, 11:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Google dikabarkan sedang menggarap sebuah sistem operasi Android terbaru khusus untuk virtual reality (VR). Sistem operasi Android sendiri saat ini sudah tersedia dua, pertama untuk menggerakkan smartphone, kedua untuk smartwatch (Android Wear).

Kabar soal dimulainya penggarapan Android untuk VR itu dihembuskan oleh Wall Street Journal, Sabtu (7/3/2015). Dua orang sumber yang dekat dengan Gogole menyebutkan bahwa raksasa internet itu menugaskan sekelompok teknisi untuk menggarap proyek ini.

Sekitar sepuluh orang teknisi yang mengemban tugas pengembangan Android VR. Jika nanti terwujud, sistem operasi untuk headset VR itu pun bisa digunakan secara gratis, sama seperti yang telah dilakukan pada Android untuk smartphone, tablet dan gadget yang melekat di tubuh.

Desas-desus lain yang diketahui terkait VR ini adalah pengembangan sistem operasi tersebut dipimpin oleh Clay Bavor serta Jeremy Doig. Bavor sendiri merupakan orang yang bertanggung jawab untuk produk Google Cardboard.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Google menolak berkomentar soal kemungkinan terwujudnya proyek itu.

Google Cardboard

Google sendiri bukan pemain pemula di dunia VR. Pada konferensi Google I/O musim panas yang lalu, mereka sempat membagikan Google Cardboard kepada para developer aplikasi.

Google Cardboard adalah proyek mereka untuk memperkenalkan alternatif pengganti headset VR. Bentuknya berupa kacamata yang terbuat dari kardus. Pengguna cukup menyelipkan ponsel di bagian depan kacamata itu sehingga bisa mengubah smartphone menjadi jendela pandang.

Aplikasi Cardboard pun dilepasnya ke dalam Google Play sehingga dapat diunduh oleh siapa saja. Totalnya, aplikasi Cardboard sudah tercatat lebih dari 1 juta kali diunduh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com