Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kembangkan iPhone Anti-air?

Kompas.com - 09/03/2015, 11:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber 9to5mac
Diagram dalam dokumen paten Apple untuk membuat piranti komputer kedap air

KOMPAS.com — Agaknya bukan cuma pabrikan ponsel Android yang tertarik dengan fitur kedap air. Apple pun ternyata ingin membuat perangkat mobile gadget bikinannya menjadi waterproof.

Hal itu terlihat dari dokumen paten yang dilansir KompasTekno dari 9to5mac, Minggu (8/3/2015). Di dalamnya tampak semacam metode untuk membuat komponen internal "perangkat komputer" menjadi kedap air.

"Perangkat komputer" yang dimaksud belum jelas benar. Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa ia tak lain adalah ponsel pintar iPhone besutan Apple.

Dokumen paten yang bersangkutan sebenarnya sudah diajukan tahun lalu, tetapi baru dipublikasikan minggu ini.

Menurut dokumen paten, Apple menerapkan fungsi anti-air bukan dengan membuat cangkang kedap air, melainkan dengan melapis komponen internal dengan bahan khusus setebal 1-10 mikron.

Perisai electromagnetic interference digunakan untuk melindungi komponen elektronik yang sensitif. Dengan jalan ini, Apple bisa membuat ponsel kedap air tanpa mengubah bentuk cangkang (casing) perangkat.

Tak diketahui apakah Apple bakal lebih agresif mengimplementasikan perlindungan terhadap air di produk-produk mendatang. Namun, pabrikan itu memang telah mulai membuat gadget tahan air, misalnya saja Apple Watch yang disinyalir bakal meluncur pada bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com