Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Pembangunan Gedung "UFO" Apple

Kompas.com - 09/03/2015, 15:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Apple telah mengumumkan pembangunan kantor baru bernama "Campus 2" pada akhir 2013 silam. Kini, pengerjaan bangunan futuristik yang berbentuk mirip pesawat terbang UFO itu sudah mulai menunjukkan sejumlah perkembangan.

Sebuah video terbaru yang diunggah ke YouTube oleh akun MyithZ mengungkap situasi terkini Campus 2. MyithZ menggunakan sebuah pesawat nirawak (drone) bermerek Tarot 680 PRO Hex-copter sebagai alat bantu pengambilan gambarnya.

Dalam video tersebut tampak sebuah bangunan internal mulai didirikan. Tiang-tiang yang nantinya akan digunakan sebagai penyangga atap pun sudah mulai tampak berdiri, meski belum di seluruh areal pembangunan.

Seperti dikutip KompasTekno dari 9to5mac, Senin (9/3/2015), pengerjaan lahan untuk proyek Campus 2 itu dijadwalkan selesai pada kuartal kedua tahun ini. Sementara, konstruksi bangunan akan terus didirikan hingga akhir 2016.

Kantor itu berdiri di atas tanah seluas 71,2 hektar. Saat bangunan berbentuk piring terbang itu selesai, Apple berniat memindahkan sekitar 12.000 orang pegawainya ke sana.

9to5mac
Ilustrasi bagian dalam Apple Campus 2
CEO Apple Tim Cook dalam acara Climate Week NYC, pernah mengatakan bahwa markas besar pembuat iPhone ini dirancang sebagai bangunan paling hijau di Bumi.

"Kami membangun sebuah markas baru yang nantinya, menurut saya, akan jadi gedung paling hijau di Bumi. Bangunan itu akan jadi pusat inovasi, dan jelas-jelas merupakan wujud harapan karyawan kami dan kami sendiri," ujarnya.

Sebelumnya, bulan lalu situs resmi kota Cupertino telah memuat gambar resmi pembangunan Apple Campus 2 yang dipotret dari udara. Raksasa teknologi itu juga telah menyebarkan bocoran gambar berisi kondisi pembangunan kantor barunya.

Berikut ini video situasi terbaru Apple Campus 2 yang direkam dari udara:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com