Facebook Dituntut Hapus Emoji "Gendut"

Kompas.com - 09/03/2015, 15:57 WIB
Petisi hapus emoji gendut di Facebook yang dimuat di situs Change.org Change.orgPetisi hapus emoji gendut di Facebook yang dimuat di situs Change.org
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebuah petisi online muncul di internet meminta jejaring sosial Facebook menghapus salah satu emoji yang digunakan dalam fitur update status-nya.

Menurut petisi tersebut, Facebook harus menghapus emoji "Feeling fat" atau gemuk, karena istilah tersebut tidak merujuk pada perasaan yang sedang dialami seseorang, melainkan kepada bentuk badan.

"Feeling fat" memang tersedia sebagai salah satu pilihan preset yang ada di menu status update Facebook. Pilihan tersebut menurut kelompok aktivis Endangered Bodies dipercaya bisa merusak kepercayaan diri seseorang.

"Saat pengguna Facebook menggunakan emoji "feeling fat", maka mereka mengolok-olok orang lain yang tergolong gendut, termasuk orang-orang yang memiliki kebiasaan makan dalam jumlah banyak," ujar petisi tersebut.

"Gendut itu bukan sebuah perasaan, melainkan bentuk alami badan, tak peduli berapa pun beratnya, semua bentuk tubuh harus dihormati," imbuh petisi itu.

Petisi yang dibuat oleh kelompok aktivis pemerhati bentuk badan tersebut dibuat di situs Change.org itu dibuat oleh Catherine Weingarten sejak dua minggu yang lalu dan hingga berita ini dinaikkan, telah mendapatkan lebih dari 15.000 dukungan.

Facebook sendiri telah mengeluarkan pernyataan resminya terkait desakan petisi tersebut.
Menurut Facebook, speti dikutip KompasTekno dari Mashable, Sabtu (7/3/2015), jejaring sosial itu menyediakan sarana bagi orang yang memiliki kepedulian terhadap teman atau orang lain yang memiliki kelainan kebiasaan makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Facebook mengatakan akan bekerjasama dengan National Eating Disorders Association untuk memberikan informasi yang relevan dalam sebuah halaman khusus.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.