Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat "Meerkat" Semua Bisa Siaran

Kompas.com - 10/03/2015, 08:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Era "live streaming" atau siaran langsung adalah konsekuensi pengembangan teknologi internet. Semua orang bisa terhubung dalam satu waktu walau terbentang jarak yang berjauhan. Konsep inilah yang dimaksimalkan aplikasi "Meerkat".

Dilaporkan Pocket-Lint, aplikasi yang sementara hanya tersedia di Apple App Store ini sudah memiliki lebih dari 15.000 pengguna pada tiga hari pertamanya mengudara, sejak dirilis akhir Februari lalu.

Jika saat ini mencari #Meerkat di Twitter, akan ada ribuan kicauan yang membicarakan aplikasi ini, beserta tautan untuk mengakses video siaran langsung dari para pengguna.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (10/3/2015), Beberapa nama sohor seperti pendiri Path Dave Morin dan pengusaha Mark Suster pun turut meramaikan Twitter dengan tagar #Meerkat.

Bagaimana cara kerja Meerkat?

Aplikasi Meerkat tersedia secara gratis di App Store. Pengguna tinggal mengunduh kemudian log in lewat akun Twitter. Setelahnya, pengguna bakal melihat tampilan "what's happening?" atau "apa yang sedang terjadi?", layaknya pada kolom Twitter, di dalam aplikasi Meerkat.

Pengguna dapat menulis apapun di kolom itu sekaligus memberi tautan video yang diunggah secara "real time". Maksudnya, bersamaan dengan tautan dibagi ke Twitter, pengguna sedang melakukan siaran langsung. Cukup tekan sebuah tombol, dan pengguna dapat menyiarkan langsung, layaknya para presenter berita di program berita televisi.

Teman-teman pengguna di Twitter yang juga memiliki akun Meerkat, akan diberi notifikasi oleh Meerkat untuk menyaksikan siaran langsung yang sedang diunggah pengguna. Siaran langsung juga dapat dijadwalkan.

Twitter
Tautan yang dibagikan pengusaha Mark Suster untuk menyaksikan siaran langsungnya di Meerkat pada Twitter
Misalnya seperti yang dilakukan pengusaha Mark Suster (lihat gambar), yang memberi tahu lebih awal kepada para pengikutnya bahwa dia akan melakukan siaran langsung di Meerkat. Saat pengguna membuka tautan tersebut, bakal muncul penghitung mundur hingga waktu yang dijadwalkan.

Twitter
Tampilan saat membuka tautan yang dibagi Mark Suster, pengguna harus menunggu hingga 23 jam setelah tautan dibagi untuk menyaksikan siaran langsung
Ketika hitung mundur sudah selesai, pengguna dapat menyaksikan siaran langsung dari Suster. Pada kesempatan itu, pengguna diperbolehkan menanyakan apapun terkait perusahaan yang ia kembangkan.

Sebaliknya, jika siaran langsung telah lewat jam tayang, pengguna tak bisa lagi menyaksikan video yang diunggah secara real time oleh seseorang di Meerkat.

Misalnya ketika Dave Morin mengunggah siaran langsungnya pada 27 Februari lalu. Tautannya masih terpatri di Twitter, namun saat dibuka, tautan itu akan menampilkan tulisan "stream over" atau siaran berakhir.

Twitter
Tampilan tautan Dave Morin di Twitter untuk mengakses siaran langsungnya di Meerkat
Twitter
Siaran langsung Dave Morin telah berakhir, maka pengguna tak dapat lagi mengakses siaran tersebut
Yang menarik, selama siaran langsung ditayangkan, pemberi siaran dapat mengkicaukan hal-hal yang ingin dia kicaukan. Selain itu, pengguna yang sedang menyaksikan siaran juga dapat memberi komentar. Semua komentar akan muncul sebagai reply ke akun penyiar di Twitter.

Jadi, aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan dua kegiatan sekaligus. Bagi penyiar, dapat menyiarkan sambil berkicau. Bagi penonton, dapat menonton sambil mengomentari dan akan dibalas langsung pula kicauannya di Twitter.

Semua orang dapat menyaksikan video yang diunggah pengguna Meerkat, baik dari aplikasi langsungnya atau melalui tautan di Twitter yang akan terhubung ke situs Meerkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com