Google Nexus Selanjutnya Buatan Huawei?

Kompas.com - 10/03/2015, 12:31 WIB
Perangkat Google Nexus 6 yang diproduksi oleh Motorola GooglePerangkat Google Nexus 6 yang diproduksi oleh Motorola
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google akan segera membuat lini Nexus baru. Gadget yang mendapat prioritas pertama dalam update Android versi terbaru ersebut kabarnya akan digarap oleh perusahaan asal Tiongkok, Huawei.

Selama ini, Nexus dikenal sebagai perangkat Android yang paling murni, tanpa aplikasi "sampah" atau bloatware. Google sendiri yang memberikan referensi rancangan gadget tersebut lalu bekerja sama dengan produsen ponsel atau tablet untuk mewujudkannya.

Kabar soal Nexus buatan Huawei itu didapat dari Director of China Research iSuppli Kevin Yang. Seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Senin (9/3/2015), Yang mengklaim bahwa kontrak pembuatan Nexus generasi baru itu sudah ditandatangani kedua belah pihak.

Indikasi lain yang menunjukkan kemungkinan itu ada di Mobile World Congress 2015. CEO Huawei Richard Yu, dalam sesi wawancara dengan The Verge mengatakan pihaknya berniat menggunakan stock Android atau Android versi murni untuk menjangkau AS.

"Di AS, kami harus berkompromi untuk menghindari munculnya kekhawatiran tertentu. Tidak ada alasan lagi. Jika Anda menemukan masalah, lihatlah pada Google. (Pelanggan AS) percaya pada Google, jadi mereka bisa mempercayai Huawei," ujar Yu saat itu.

Jika kabar tersebut terbukti, gadget ini akan jadi produk pertama Google yang dibuat bersama perusahaan teknologi asal Tiongkok.

Smartphone Google Nexus sebelumnya, dibuat dengan produsen-produsen berbeda. Ponsel Nexus One adalah yang pertama dibuat raksasa internet itu. Mereka membuatnya melalui kerjasama dengan produsen gadget Taiwan, HTC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Generasi penerusnya adalah Nexus S yang dibuat bersama Samsung pada 2010. Ponsel dirilis bersamaan dengan muncul Android 2.3 Gingerbread. Setahun kemudian, Google mengeluarkan Galaxy Nexus, masih melalui kerjasama dengan Samsung.

Pada 2012, Google menggandeng LG untuk memproduksi Nexus 4. Setahun kemudian, masih dengan LG, Google pun merilis Nexus 5.

Ponsel Nexus yang terakhir, seri 6, dibuat oleh Motorola Mobility dan diumumkan pada 2014 lalu. Ponsel inilah yang pertama kali menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0.

Sedangkan pada lini tablet, Google sudah punya seri Nexus 7, 9 dan 10. Masing-masing dikembangkan melalui kerjasama dengan Asus, HTC, kemudian Samsung.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.