Kompas.com - 10/03/2015, 16:16 WIB
Android 5.0 Lollipop resmi diperkenalkan Google, Rabu (15/10/2014). GoogleAndroid 5.0 Lollipop resmi diperkenalkan Google, Rabu (15/10/2014).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Android Lollipop

KOMPAS.com - Setelah sebelumnya sempat muncul secara prematur dalam laman Android One Indonesia, kehadiran sistem operasi Android 5.1 "Lollipop" akhirnya resmi diumumkan dalam blog resmi Android.

Sistem operasi ini merupakan penerus dari versi sebelumnya, Android 5.0 yang sama-sama bernama "Lollipop".

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari ArsTechnica, Selasa (10/3/2015), tulisan VP Android Platform Dave Burke dalam blog tersebut menjelaskan bahwa update Android 5.1 “Lollipop” membawa peningkatan stabilitas dan performa.

Ada juga tambahan beberapa fitur baru seperti dukungan multiple-SIM card, Device Protection, dan panggilan suara high-definition (HD Voice) di perangkat yang kompatibel.

“Dengan Device Protection, perangkat yang hilang atau dicuri akan tetap terkunci sampai Anda melakukan login dengan akun Google -bahkan ketika perangkat di-reset sekalipun,” tulis Burke.

Fitur keamanan Device Protection akan tersedia di smartphone Nexus 6 dan tablet Nexus 9, juga sejumlah smartphone dan tablet Android lainnya yang bakal kebagian update Android 5.1.

Sistem operasi Android 5.1 pertama kali muncul dalam smartphone Android One yang diluncurkan di Indonesia, awal Februari lalu lewat tiga ponsel Evercoss One X, Nexian Journey One, dan Mito Impact.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemunculannya ketika itu agak mengejutkan karena tidak dibarengi dengan pengumuman resmi dari Google.

Setelahnya, Android 5.1 menyusul nongol dalam perangkat-perangkat Android One yang dipasaran di Filipina.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X