Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur-fitur Keamanan di Galaxy S6

Kompas.com - 11/03/2015, 08:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Salah satu unit Galaxy S6 yang diperlihatkan ke tamu acara peluncuran di Barcelona, Spanyol (1/3/2015)

KOMPAS.com - Berbalut desain baru dari bahan logam dan kaca, Galaxy S6 dibekali dengan aneka fitur baru dari Samsung, sebut saja prosesor berkinerja tinggi, kamera dengan lensa berbukaan lebar, hingga pengisian baterai cepat.

Di luar semua itu ada aspek tak kalah penting yang turut ditingkatkan oleh Samsung, yakni keamanan, khususnya di lingkungan korporat. Dalam hal ini pemilik Galaxy S6 maupun perusahaan bakal mendapat sejumlah fasilitas untuk memastikan keamanan perangkat.
 
Salah satunya adalah platform enterprise Samsung Knox versi terbaru (2.4) yang kini mendukung lebih banyak layanan Mobile Device Management, termasuk dari BlackBerry, AirWatch, dan MobileIron.
 
“Knox kini kompatibel dengan banyak MDM. Galaxy S6 pun langsung siap masuk ke lingkungan perusahaan begitu ia dinyalakan,” ujar VP Enterprise Business Team Samsung Electronics Gregory Wade.
 
Lalu ada pula fasilitas pemindai sidik jari yang terintegrasi di tombol home Galaxy S6. Alat ini lebih mudah dipakai dibandingkan model sebelumnya karena pengguna cukup melakukan sentuhan halus di permukaan tombol home untuk memasukkan data sidik jari.
 
Fingerprint scanner digunakan sebagai sarana otentikasi di Galaxy S6, termasuk dalam melakukan transaksi lewat aplikasi mobile payment Samsung Pay.
 
Aplikasi yang mendukung teknologi NFC, MST, serta barcode ini bisa menyulap Galaxy S6 menjadi layaknya kartu kredit atau debit yang dapat dipakai di berbagai merchant di seluruh dunia. 
 
Masih dari sisi software, Samsung menyertakan aplikasi McAfee Virus Scan secara cuma-cuma untuk Galaxy S6. Aplikasi ini menyediakan perlindungan terhadap program-program jahat alias malware yang banyak berkeliaran di jagat maya.
 
Semua fitur keamanan di atas bermanfaat untuk melindungi Galaxy S6 dan data di dalamnya. Tapi bagaimana jika perangkat yang bersangkutan hilang?

Senior Manager Global Product Planning Samsung Min Seok Kang menjelaskan bahwa Galaxy S6 dilengkapi dengan fitur Find My Mobile yang memungkinkan pemiliknya melacak, mengunci, atau menghapus (wipe) data dari jauh bila dirasa perlu. Galaxy S6 juga dibekali Reactivation Lock untuk mencegah factory reset tanpa izin.

“Jadi, tak perlu khawatir karena Galaxy S6 akan melindungi sistem dan pengguna, bahkan ketika ponsel itu hilang,” kata Kang. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com