HTC: Apple Pikirkan Pengguna, Samsung Cuma Cari Duit

Kompas.com - 11/03/2015, 09:35 WIB
HTC One M9 HTCHTC One M9
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ponsel terbaru HTC, One M9

KOMPAS.com - Apple dan Samsung adalah dua raksasa gadget yang menguasai pasaran smartphone. Meski sama-sama sukses, keduanya menganut filosofi berbeda. Setidaknya itulah pandangan kepala pemasaran HTC yang baru, Idris Mootee.

Dalam wawancara yang dirangkum KompasTekno dari Cnet , Rabu (11/3/2015) Mootee mengaku memandang Apple dengan positif.

Perusahaan berlambang buah itu dinilai Mootee sangat berhasil membuat "hubungan" antar konsumen dengan gadget buatannya.

Produk-produk Apple pun, di mata Mootee, terlihat lebih bernilai ketimbang hanya sekedar "barang elektronik". "Mereka (Apple) mengedepankan sesuatu, sesuatu yang lebih besar daripada brand," kata dia.

Sebaliknya, pandangan itu tak berlaku bagi Samsung. Korporasi raksasa asal Korea Selatan ini, menurut Mootee, "tidak memperjuangkan apapun kecuali profit".

Sayang, Mootee tak menjelaskan lebih jauh soal apa yang mendasari pandangannya tersebut. Yang jelas, dia juga mengakui bahwa selama ini HTC kurang mempromosikan produk-produknya sendiri.

"Kami punya budaya perusahaan yang sangat pendiam. Tak ada banyak upaya penjualan atau pertunjukan," katanya. "Tapi hari ini kami perlu melakukan itu."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu upaya Mootee dalam mengubah strategi pemasaran HTC adalah dengan mengkomunikasikan pesan dengan cara yang lebih halus pada konsumen.

Dia mencontohkan video promosi HTC One M9 yang dibintangi aktor Hollywood Robert Downey Junior. Video tersebut tak menampilkan wajah Downey, melainkan hanya suaranya saja sebagai narasi.

"Ini sesuatu yang berbeda. Tak ada yang mentereng, hanya menyampaikan pesan kami saja," kata Mootee.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X