Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Apple Watch Setara Rolex, Apple Mabuk?

Kompas.com - 11/03/2015, 10:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Menuju zaman serba terkoneksi tahun 2020, vendor gadget berbondong-bondong menelurkan produk jam pintar. Namun, barangkali hanya Apple yang berani dan "tega" mematok harga hingga ratusan juta rupiah untuk salah satu varian pada produk jam pintarnya, Apple Watch, yakni tipe Edition.

Tipe yang terbalut emas 18 karat tersebut dibanderol dengan harga 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 130 juta. Harga Watch Edition ini praktis menyaingi merek jam kelas atas, seperti Rolex dan Patek.

Seperti diketahui, jam Rolex paling murah dibanderol 7500 dollar AS atau setara Rp 97 juta. Sedangkan produk-produk jam Patek bertengger pada harga sekitar 12.000 dollar AS atau Rp 156 juta.

Apakah Apple sedang "mabuk" saat memutuskan banderol selangit tersebut untuk Apple Watch? Sepertinya tidak. Apple disinyalir memang ingin masuk ke industri kelas atas.

Pasalnya, Apple telah memasang iklan miliaran rupiah pada 12 halaman majalah Vogue dengan tujuan memperkenalkan Watch sebagai ikon fesyen. Selain itu, Apple pun menyatakan bahwa Watch Edition bakal dijual terbatas di tempat-tempat tertentu.

"Kami akan membatasi jumlah Watch edisi khusus yang berbalut emas dan menjualnya pada tempat-tempat tertentu saja," kata pihak Apple, sebagaimana dilaporkan Washington Post dan dikutip KompasTekno, Selasa (10/3/2015).

Tempat-tempat tertentu yang dimaksud disinyalir seperti Selfridges di London, Isetan di Tokyo, atau Maxfield di Los Angeles, yang notabene adalah tempat-tempat "bergengsi" di negara-negara trsebut.

"Ini barangkali cara Apple untuk mengemukakan bahwa edisi Watch berbalut emas tak akan ditemukan di pusat perbelanjaan pada umumnya. Saya rasa Watch Edition hanya akan dijual di tempat-tempat 'kunci' di Miami, San Fransisco dan New York," kata strategis retail Ken Nisch, menimpali pernyataan pihak Apple.

Demi memuluskan transisi Watch memasuki dunia fesyen, Apple sebelumnya telah merekrut beberapa desainer dari Burberry, Tag Heuer dan Yves Saint Laurent untuk menggodok desain Watch Edition.

"Jika Apple memutuskan menjual Watch Edition di gerainya, mereka sepertinya harus membuat tempat khusus untuk para VIP, dengan dikelilingi kaca untuk memamerkan produk Edition," kata Nisch.

Bagaimana tanggapan netizen?

Kemunculan Watch Edition dengan banderol harga yang bersaing dengan jam-jam kelas atas tampaknya mengundang pro dan kontra. Beberapa orang menganggap ini adalah strategi jitu Apple untuk merangkul semua lapisan masyarakat.

Namun, banyak pula yang menganggap harapan Apple untuk disetarakan dengan jam-jam kelas atas seperti Rolex dan sejawatnya adalah tak masuk akal.

Berikut beberapa kicauan netizen di Twitter menanggapi harga Watch Edition.

Mashable
Kicauan netizen menanggapi harga Watch Edition


"Rolex seharga 10.000 dollar AS (atau Rp 130 juta) bisa dijadikan barang pusaka keluarga dan tetap berfungsi. Apple Watch (Edition) seharga 10.000 dollar AS (atau Rp 130 juta) akan ketinggalan zaman dalam setahun atau dua tahun ke depan,"   tulis akun @WadeFulp

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com