Kompas.com - 11/03/2015, 10:16 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Menuju zaman serba terkoneksi tahun 2020, vendor gadget berbondong-bondong menelurkan produk jam pintar. Namun, barangkali hanya Apple yang berani dan "tega" mematok harga hingga ratusan juta rupiah untuk salah satu varian pada produk jam pintarnya, Apple Watch, yakni tipe Edition.

Tipe yang terbalut emas 18 karat tersebut dibanderol dengan harga 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 130 juta. Harga Watch Edition ini praktis menyaingi merek jam kelas atas, seperti Rolex dan Patek.

Seperti diketahui, jam Rolex paling murah dibanderol 7500 dollar AS atau setara Rp 97 juta. Sedangkan produk-produk jam Patek bertengger pada harga sekitar 12.000 dollar AS atau Rp 156 juta.

Apakah Apple sedang "mabuk" saat memutuskan banderol selangit tersebut untuk Apple Watch? Sepertinya tidak. Apple disinyalir memang ingin masuk ke industri kelas atas.

Pasalnya, Apple telah memasang iklan miliaran rupiah pada 12 halaman majalah Vogue dengan tujuan memperkenalkan Watch sebagai ikon fesyen. Selain itu, Apple pun menyatakan bahwa Watch Edition bakal dijual terbatas di tempat-tempat tertentu.

"Kami akan membatasi jumlah Watch edisi khusus yang berbalut emas dan menjualnya pada tempat-tempat tertentu saja," kata pihak Apple, sebagaimana dilaporkan Washington Post dan dikutip KompasTekno, Selasa (10/3/2015).

Tempat-tempat tertentu yang dimaksud disinyalir seperti Selfridges di London, Isetan di Tokyo, atau Maxfield di Los Angeles, yang notabene adalah tempat-tempat "bergengsi" di negara-negara trsebut.

"Ini barangkali cara Apple untuk mengemukakan bahwa edisi Watch berbalut emas tak akan ditemukan di pusat perbelanjaan pada umumnya. Saya rasa Watch Edition hanya akan dijual di tempat-tempat 'kunci' di Miami, San Fransisco dan New York," kata strategis retail Ken Nisch, menimpali pernyataan pihak Apple.

Demi memuluskan transisi Watch memasuki dunia fesyen, Apple sebelumnya telah merekrut beberapa desainer dari Burberry, Tag Heuer dan Yves Saint Laurent untuk menggodok desain Watch Edition.

"Jika Apple memutuskan menjual Watch Edition di gerainya, mereka sepertinya harus membuat tempat khusus untuk para VIP, dengan dikelilingi kaca untuk memamerkan produk Edition," kata Nisch.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.