Kompas.com - 11/03/2015, 11:57 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tidak seperti kebiasaan selama ini, Apple sama sekali tidak tergantung dengan pabrikan asal Tiongkok untuk memproduksi perangkatnya. Menurut sumber dari industri, produksi komponen Watch dan MacBook seri baru ternyata lebih banyak diserahkan ke pabrik di Taiwan.

Untuk urusan desain dan fitur yang dimiliki kedua produk tersebut memang dikerjakan oleh pihak Apple sendiri. Akan tetapi, untuk proses produksi komponen dan perakitan perangkat biasanya diserahkan ke pihak lain.

Sebagai contoh, seperti KompasTekno kutip dari Barrons, Rabu (11/3/2015), Apple mempercayakan kepada sebuah pabrikan Taiwan bernama TPK Holding untuk mengerjakan modul sentuh di perangkat tersebut.

Ada juga perusahaan bernama AAC Technologies yang memproduksi komponen akustik dan haptic. Untuk komponen semikonduktor, Apple menyerahkannya kepada perusahaan ASE.

Sedangkan, untuk masalah perakitan, perusahaan bernama Quanta yang bertanggung jawab.

Sementara itu, Apple juga banyak "menugaskan" perusahaan asal Taiwan untuk proses produksi komponen laptop MacBook dengan layar Retina 12 inci.

Perangkat yang diumumkan berbarengan dengan Watch ini dirakit di perusahaan Quanta. Casing atau cangkang berbahan metal dari produk ini pun dibuat di Foxconn Tech, Casetek, dan Catcher Technologies. Semua perusahaan tersebut berpusat di Taiwan.

Selama ini, Apple banyak menyewa pabrik asal Tiongkok untuk mengerjakan produk-produknya. Misalnya, seri-seri iPhone kebanyakan diproduksi dan dirakit di pabrik Foxconn yang terletak di negara tersebut.

Apple sendiri baru merilis produk jam tangan pintar Watch dan laptop MacBook baru dalam sebuah acara di Yerba Buena Center di San Francisco, AS, Senin (9/3/2015) lalu.

Produk MacBook tersebut langsung dilepas ke pasar AS, beberapa saat setelah pengumuman. Sementara itu, Watch baru akan hadir di pasar beberapa negara tertentu mulai April 2015 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Barrons
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.