Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Juga Bakal Punya Layar Samping?

Kompas.com - 12/03/2015, 09:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple kemungkinan akan mengikuti jejak Samsung dengan memperkenalkan fitur layar kecil di bagian sisi samping perangkatnya. Setidaknya, Apple telah mematenkan teknologi seperti itu.

Dikutip KompasTekno dari Trusted Reviews, Selasa (10/3/2015), Apple kedapatan mematenkan teknologi layar yang disbeut dengan "Mini Flexible Edge Displays."

Menurut Apple, layar di bagian samping itu bisa digunakan untuk membuat antarmuka kontrol virtual seperti tombol-tombol. Tombol-tombol atau elemen antarmuka lain tersebut bisa dikonfigurasi ulang saat digunakan.

Dengan demikian, layar di samping nantinya bisa menampung tombol seperti kontrol kamera, yaitu  tombol shutter, flash, dan switch foto/video.

Teknologi layar di sisi smartphone itu juga bisa dimanfaatkan untuk tombol virtual saat bermain game, atau bahkan menggantikan tombol volume atau switch mute yang saat ini masih berupa tombol fisik di sisi smartphone.

Apple juga dikabarkan sedang membangun perangkat iPhone yang memiliki layar di bagian sampingnya, mirip dengan apa yang dilakukan Samsung dengan perangkat Galaxy S6 Edge yang belum lama ini diluncurkan.

Bedanya, jika Samsung membangun layar samping dengan desain melengkung, maka Apple kemungkinan memasang layar tersebut benar-benar di sisi samping smartphone.

Tentu saja, paten yang didaftarkan Apple tersebut belum tentu ada wujud jadinya. Namun dengan mendaftarkan paten tersebut, setidaknya Apple sedang memikirkan untuk membuat teknologi layar baru setelah Retina Display dalam iPhone 4 yang diperkenalkan pada 2010 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com