Seperti MacBook, iPhone Bakal "Peka Tekanan"

Kompas.com - 12/03/2015, 09:47 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Saat memperkenalkan MacBook baru ukuran 12 inci, CEO Tim Cook memperkenalkan teknologi touchpad Force Touch. Rencananya, teknologi touchpad yang peka tekanan itu juga akan diintegrasikan dalam iPhone.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Selasa (10/3/2015), Apple dikabarkan akan memperkenalkan iPhone baru pada akhir tahun ini dengan layar yang disertai dengan teknologi Force Touch.

Force Touch adalah teknologi touchpad yang "peka tekanan" alias dapat mengenali tekanan jari pengguna. Ketika menekan sesuatu dengan tekanan yang lebih lembut atau lebih kuat, panel sentuh akan memberi respon yang berbeda terhadap aplikasi yang sedang berjalan.

Selain dilengkapi dengan teknologi Force Touch, tak banyak perubahan dalam iPhone tersebut, terutama dalam hal desain yang akan meniru iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Selama ini, Apple dikenal selalu menjaga ukuran layar iPhone setidaknya selama dua tahun. Menurut The Wall Street Journal, ukuran 4,7 inci dan 5,5 inci dalam iPhone 6 dan 6 Plus juga akan dipertahankan dalam versi iPhone baru itu dengan resolusi yang menyerupai.

Appe sendiri rencananya akan merilis iPhone 6s dalam tahun ini. Namun belum bisa dipastikan apakah teknologi Force Touch tersebut akan disematkan Apple dalam seri iPhone 6s atau tidak.

Kabarnya, produksi massal untuk peranti iPhone baru tersebut akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Selain itu, Apple juga dikabarkan sedang meninjau untuk merilis  iPhone dengan varian warna baru, yaitu pink atau merah muda. Selama ini warna iPhone yang diperkenalkan terbatas pada pilihan silver, gold, dan space gray.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.