Android Bakal Makin Mirip Komputer?

Kompas.com - 12/03/2015, 13:20 WIB
Android 5.0 Lollipop resmi diperkenalkan Google, Rabu (15/10/2014). GoogleAndroid 5.0 Lollipop resmi diperkenalkan Google, Rabu (15/10/2014).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Ada fitur misterius untuk Android yang diduga akan terungkap dalam konferensi Google I/O Mei mendatang. Desas-desusnya, fitur baru ini berupa kemampuan multi windows atau membuka lebih dari satu aplikasi bersamaan dalam satu tampilan.

Keberadaan rencana implementasi multi windows tersebut ditemukan dalam komitmen rancangan Android Open Source Project (AOSP). Bocoran tersebut memang tidak mengungkap banyak hal, hanya mengindikasikan rencana baru Google saja.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Rabu (11/3/2015), bocoran tersebut sebenarnya memuat persoalan bug yang terasa saat pengguna menyentuh bagian terluar "stack boundary" di suatu perangkat Android. Sebagai solusinya, disebutkan bahwa pengembang mesti menunggu hingga diterapkan multiwindows.

Android Authority
Bocoran kode dalam komitmen rancangan Android Open Source Project
Multi windows sendiri bukan sesuatu yang benar-benar baru. Antarmuka TouchWiz yang digunakan Samsung di perangkat-pererangkat Androidnya juga memiliki fitur serupa.

Sayangnya ada kekurangan dalam fitur multi windows buatan Samsung. Salah satunya adalah kinerja yang menurun drastis saat pengguna mengaktifkan multi windows.

TouchWiz juga punya masalah dengan kompatibilitas. Fitur tersebut hanya bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi buatan Samsung.

Fitur yang membuat pengguna bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus itu bermanfaat bila digunakan untuk gadget yang memiliki layar besar, misalnya tablet atau ponsel berukuran 6 inci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Samsung, pesaing Google yang telah menggunakan multi windows antara lain adalah Microsoft dan Canonical. Kemungkinan, Apple juga akan segera menerapkannya.

Pertanyaannya tinggal, sejauh apa Google akan mewujudkan hal tersebut. Ketika sistem operasi Android nanti benar-benar mendapatkan multi windows, maka sistem operasi tersebut akan tampil mirip dengan sistem operasi di komputer pribadi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.