Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Juta Pelanggan Telkomsel Masih Gaptek

Kompas.com - 12/03/2015, 16:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Telkomsel gencar menyasar pelanggan dari segmen pengguna smartphone baru. Hal itu terkait dengan upaya Telkomsel untuk menambah jumlah pengguna layanan datanya.

Jumlah pelanggan Telkomsel yang saat ini belum menggunakan layanan data dari operator merah itu pun tergolong tinggi. Dari 143 juta pelanggan prabayar Telkomsel, ada sekitar 10.000 pengguna yang belum berlangganan paket data.

"Jumlahnya sampai 10.000-an (pelanggan) yang saat ini belum berlangganan data, baik dari smartphone maupun feature phone," ujar Vice President Prepaid Broadband Marketing Telkomsel Ririn Widaryani saat peluncuran mobile site Telkomsel Caritau di Jakarta, Kamis (12/5/2015).

Telkomsel sendiri mengklaim, dalam satu bulan terdapat 3 juta pelanggan baru yang menggunakan peranti ponsel pintar. Meski demikian, angka tersebut termasuk pelanggan yang berganti dari smartphone ke smartphone.

Sementara itu, dari jumlah 3 juta pelanggan baru Telkomsel per bulan itu, sekitar 25 persennya diakui Ririn masih gagap teknologi (gaptek), alias baru saja beralih dari feature phone ke smartphone.

"Untuk itulah Telkomsel meluncurkan inisiatif Telkomsel Android United dan mobile site Caritau sebagai program kelanjutannya," ujar Ririn.

Android menjadi sasaran utama Telkomsel karena platform tersebut menjadi yang paling banyak diadopsi oleh pelanggan Telkomsel.

Sistem operasi Android mendominasi dan, menurut Ririn, telah dipakai oleh 60 persen dari jumlah pelanggan Telkomsel.

"Android paling banyak, BlackBerry jumlahnya masih besar. Kalau iOS, ada sekitar 4 persen," kata Ririn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com