Android Bakal Pakai Colokan seperti Apple

Kompas.com - 13/03/2015, 09:41 WIB
Jenis port perpindahan baru USB-C digunakan pada ChromeBook Pixel terbaru EngadgetJenis port perpindahan baru USB-C digunakan pada ChromeBook Pixel terbaru
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tiga hari lalu, Apple merilis MacBook super tipis 12 inci dengan port untuk transfer data jenis USB-C. Beberapa orang pun sempat terkejut ketika Apple mengatakan bahwa MacBook termutakhir hanya menyediakan satu port sambungan dengan dua fungsi.

Selain untuk transfer data, USB-C pada MacBook juga digunakan untuk melakukan pengisian ulang daya. Beberapa orang sempat mempertanyakan, apakah USB-C bakal menjadi awal mula kematian USB standar, ataukah hanya Apple yang bakal menggunakan tipe sambungan tersebut.

Pada Kamis (12/3/2015), mungkin pertanyaan tersebut bakal sedikit terkonfirmasi. Pasalnya, saingan terkuat Apple, Google, turut menggunakan USB-C pada produk Chromebook Pixel teranyarnya.

Bersamaan dengan itu, pihak Google menyebut ponsel-ponsel Android ke depannya juga bakal mengusung perpindahan melalui USB-C. Agaknya jenis penyambungan dengan USB standar yang selama ini kita kenal bakal benar-benar ditinggalkan.

"Google sangat berkomitmen dengan spesifikasi sambungan USB yang baru. Secepatnya dan ke depannya, ponsel-ponsel Android dan Chromebook bakal menggunakan tipe sambungan ini," kata Product Manager Google, Adam Rodriguez, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dikutip KompasTekno.

USB-C memang diklaim lebih praktis, hemat tempat, dan cepat memindahkan data. Standar baru bagi port perpindahan data ini disinyalir mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 10 Gbps serta mentransfer daya hingga 100 watt.

Selain itu, USB-C juga dapat mengalirkan daya dalam dua arah. Efeknya, katakanlah ketika pengguna memasangkan sebuah terminal USB yang mendukung fitur tersebut, maka terminal USB itu juga bisa digunakan sebagai port pengisian daya.

Prediksi bahwa model sambungan ini bakal ramai diadopsi para raksasa teknologi dalam menelurkan produk-produknya sepanjang 2015 bisa jadi benar. Dimulai dari Apple yang selalu menjadi inovator, kemudian Google, lalu selanjutnya perusahaan teknologi yang mana? Kita tunggu saja.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber ENGADGET

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X