WhatsApp Tembus 1 Miliar Unduhan di Android

Kompas.com - 13/03/2015, 12:36 WIB
ist
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
KOMPAS.com -Aplikasi pesan instan WhatsApp diklaim telah diunduh sebanyak satu miliar kali melalui Google Play Store di Android.

Pencapaian tersebut menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi non-Google kedua yang berhasil melampaui angka satu miliar unduhan, setelah Facebook.

Jumlah tersebut bisa diketahui karena Play Store menampilkan jumlah instalasi di masing-masing aplikasi. Di halaman aplikasi WhatsApp di Play Store, Google memasang angka 1 hingga 5 miliar kali.

Tentu saja, satu miliar kali unduhan tidak bisa diterjemahkan aplikasi WhatsApp terpasang di satu miliar perangkat, karena pada Januari lalu WhatsApp mengumumkan pengguna aktif bulanannya baru mencapai 700 juta orang untuk platform Android dan iOS.

Selain itu, Google Play Store juga menghitung jumlah unduhan aplikasi berdasar pada akun Google, bukan berdasar pada masing-masing perangkat, karena itu Google tidak menghitung berapa jumlah akun yang menghapus aplikasi WhatsApp.

Walau demikian, dikutip KompasTekno dari Venture Beat, Kamis (12/3/2015), sulit untuk sebuah aplikasi di Play Store untuk menembus jumlah unduhan 1 miliar ini. Terlebih, WhatsApp adalah aplikasi non-Google.

Karena WhatsApp telah diakuisisi oleh Facebook, kini Facebook memiliki dua aplikasi yang mencatatkan pencapaian satu juta unduhan.

Inovasi terbaru yang dikenalkan WhatsApp untuk penggunanya saat ini adalah kemampuan berinteraksi melalui tiga browser populer, yaitu Chrome, Firefox dan Opera. Selain itu, layanan pesan instan tersebut juga sedang mengembangkan fitur telepon yang disebut WhatsApp Call.


EditorReza Wahyudi


Close Ads X