Kompas.com - 13/03/2015, 13:15 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Ingin menjelajah daerah sekitar gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest saat ini juga? Layanan Street View dari Google dapat membantu Anda mengunjungi daerah tersebut secara virtual, tanpa harus beranjak dari depan komputer atau smartphone.

Foto-foto cantik seputar daerah gunung yang berada di Nepal ini, seperti KompasTekno kutip dari Mashable, dijepret oleh seorang pendaki bernama Apa Sherpa. Ia dikenal sebagai seorang pendaki yang telah berhasil mencapai puncak gunung Everest sebanyak 21 kali.

Sherpa sendiri mengambil foto-foto yang luar biasa di daerah Khumbu. Kebanyakan foto yang dijepret menggambarkan suasana gedung-gedung, seperti kuil, sekolah, dan hotel; lingkungan pedesaan, dan pemandangan kaki gunung Everest.

Google
Pemandangan di bawah kaki gunung Everest
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengunjungi daerah Khumbu itu. Cara pertama adalah dengan mengunjungi tautan berikut ini. Klik saja nama tempat yang ingin dilihat, kemudian pilih menu Street View di layar informasi yang ada di bagian sisi kiri layar.

Cara kedua adalah dengan mengikuti fitur tour mandiri yang bisa diakses melalui tautan berikut ini. Melalui fitur yang satu ini, pengguna bisa menghidupkan fitur suara, di mana pengguna akan mendengar suara bel yang ada di kuil dan berbagai suasana pegunungan.

Pengguna juga bisa menonton berbagai video yang menceritakan pengalaman Sherpa dalam mengambil foto di kaki gunung Everest ini.

Sayangnya, fitur Street View ini belum membawa penggunanya ke puncak gunung yang memiliki ketinggian 8.848 meter ini.

Google sendiri cukup rajin menambahkan berbagai pemandangan dari tempat terkenal di dunia pada fitur Street View-nya. Beberapa waktu lalu, Google pernah membawa penggunanya secara virtual ke hutan Amazon, Grand Canyon, dan berbagai tempat lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.