Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Menjelajahi Gunung Everest Secara Virtual

Kompas.com - 13/03/2015, 13:15 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Ingin menjelajah daerah sekitar gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest saat ini juga? Layanan Street View dari Google dapat membantu Anda mengunjungi daerah tersebut secara virtual, tanpa harus beranjak dari depan komputer atau smartphone.

Foto-foto cantik seputar daerah gunung yang berada di Nepal ini, seperti KompasTekno kutip dari Mashable, dijepret oleh seorang pendaki bernama Apa Sherpa. Ia dikenal sebagai seorang pendaki yang telah berhasil mencapai puncak gunung Everest sebanyak 21 kali.

Sherpa sendiri mengambil foto-foto yang luar biasa di daerah Khumbu. Kebanyakan foto yang dijepret menggambarkan suasana gedung-gedung, seperti kuil, sekolah, dan hotel; lingkungan pedesaan, dan pemandangan kaki gunung Everest.

Google
Pemandangan di bawah kaki gunung Everest
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengunjungi daerah Khumbu itu. Cara pertama adalah dengan mengunjungi tautan berikut ini. Klik saja nama tempat yang ingin dilihat, kemudian pilih menu Street View di layar informasi yang ada di bagian sisi kiri layar.

Cara kedua adalah dengan mengikuti fitur tour mandiri yang bisa diakses melalui tautan berikut ini. Melalui fitur yang satu ini, pengguna bisa menghidupkan fitur suara, di mana pengguna akan mendengar suara bel yang ada di kuil dan berbagai suasana pegunungan.

Pengguna juga bisa menonton berbagai video yang menceritakan pengalaman Sherpa dalam mengambil foto di kaki gunung Everest ini.

Sayangnya, fitur Street View ini belum membawa penggunanya ke puncak gunung yang memiliki ketinggian 8.848 meter ini.

Google sendiri cukup rajin menambahkan berbagai pemandangan dari tempat terkenal di dunia pada fitur Street View-nya. Beberapa waktu lalu, Google pernah membawa penggunanya secara virtual ke hutan Amazon, Grand Canyon, dan berbagai tempat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com