Kominfo Ungkap Demografi Pengguna Internet Indonesia

Kompas.com - 13/03/2015, 17:07 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan demografi pengguna internet di Indonesia.

Kepala Humas Kominfo Ismail Cawidu mengatakan, pengguna Internet di Indonesia saat ini mencapai sedikitnya 73 juta atau sekitar 29 persen dari total populasi.

"Dari jumlah pengguna internet itu sekitar 58,4 persen rata-rata di usia 12 hingga 34 tahun," kata Ismail, pada rapat koordinasi Bakohumas se-Sultra di Kendari, Selasa (11/3/2015), seperti dikutip Antara.

Menurut Ismail, orang Indonesia rata-rata menggunakanan internet lima jam setiap harinya melalui laptop/PC dan sekitar dua jam melalui perangkat mobile.

Sementara itu, lanjut dia, warga yang menggunakan media sosial sekitar 62 juta orang atau sekitar 75 persen atau 52 juta diantaranya mengakses media sosial melalui gadget dengan rata-rata waktu yang digunakan sekitar tiga jam per hari.

"Tingkat keaktifan dan ketergantungan/keterikatan pengguna ponsel di Indonesia terbilang tinggi. Setiap satu pengguna handphone rata-rata memiliki tiga SIM card," ujarnya.

Menurut Ismail, warga masyarakat dalam berkomunikasi dan berinformasi telah berubah secara dramatis, karena pengaruh teknologi yang dari hari kehari terus mengalami kemajuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kominfo juga mengakses bahwa, perilaku masyarakat yang menggunakan internet di Indoensia juga variatif, dan akses media sosial menempati urutan tertinggi yakni mencapai 64 persen saat online.

Urutan kedua dan ketiga, pengguna yang hanya mencari informasi, dan mengirim/menerima e-mail dengan persentasi masing-masing 48 persen.

Urutan keemapt, pengunduhan, chatting, dan belajar rata-rata 47 persen dan sisanya bermain game dan mencari informasi dan sebagainya di bawah 35 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ANT
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.