Kompas.com - 15/03/2015, 12:59 WIB
|
EditorWicak Hidayat
BANDUNG, KOMPAS.com - Direktur Utama Telkomsel Ririek Ardiansyah, mengatakan pihaknya sedang fokus ekspansi 4G LTE di tujuh area: Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Makassar, Manado dan Medan.  

Hal itu dikemukakan dalam kesempatan peluncuran jaringan 4G LTE Telkomsel di Trans Studio Bandung Minggu (15/3/2015).

Ririek mengatakan bakal segera merilis jaringan 4G LTE di Surabaya, Makassar, Manado, dan Medan, sampai akhir Semester I 2015. Sebelumnya, Telkomsel telah menyelenggarakan jaringan serupa di Bali dan Jakarta.

Namun, apabila modernisasi jaringan untuk 4G LTE di 7 wilayah tersebut sudah selesai, Ririek mengaku belum ada rencana Telkomsel untuk menambah jaringan 4G di kota lain.

"Kita harus lihat dulu. Sekarang ini juga pengguna perangkat 4G masih sedikit, sekitar 4 persen. Jadi percuma kalau kita gelar jaringan namun belum bisa diakses. Jadi sementara ini masih untuk 7 kota itu," Ririek menjelaskan.

Telkomsel tentu bukan satu-satunya yang melakukan ekspansi 4G LTE di Indonesia. XL Axiata dan Indosat juga melakukan hal itu, dengan strategi masing-masing.

Operator-operator tersebut nampak melakukan ekspansi di beberapa wilayah yang sama, meskipun ada juga di wilayah yang berbeda.

Apakah ada upaya berebut dominasi pasar? Ataukah memang hanya sekadar kebetulan?

Saat ditanyakan, Ririek tampak menanggapi hal ini dengan santai. "Yang saya tahu operator tetangga baru rilis jaringan trailer," katanya sembari melempar senyum, tanpa menyebut siapa operator tetangga yang dimaksud.

Selain jaringan, Telkomsel juga melakukan berbagai persiapan dari sisi layanan dan produk, seperti kesiapan uSIM (simcard 4G), ponsel 4G, konten dan titik-titik pelayanan (GraPARI).

Selain di Indonesia, layanan Telkomsel 4G LTE juga sudah dapat dinikmati di delapan negara, yaitu Singapura, Malaysia, Hongkong, Australia, Taiwan, Saudi Arabia, Korea Selatan dan Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.