Jaringan XL Diklaim Siap untuk 4G Tahap Dua

Kompas.com - 16/03/2015, 14:57 WIB
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata (XL) mengklaim jaringannya saat ini telah siap untuk mengimplementasikan layanan 4G di frekuensi 1800 MHz.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rashad Javier Sanchez, Act. Chief Revenue & Customer Management XL.

"Ketika nanti teknologi netral di frekuensi 1800 MHz telah siap digunakan untuk layanan 4G, maka XL sudah siap untuk memperluas jangkauan ke berbagai daerah," demikian ujar Rashad dalam acara jumpa media di Jakarta, Senin (16/3/2015).

XL saat ini memang telah menggelar layanan 4G di beberapa kota, seperti Bogor, Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan Bandung. Namun layanan 4G tersebut menggunakan frekuensi 900 MHz.

Sementara untuk layanan 4G di frekuensi 1800 MHz, XL baru melakukan uji coba (trial) di beberapa wilayah di Jakarta. Uji coba tersebut akan dilakukan hingga akhir Maret ini.

"Lalu lintas data tumbuh sangat pesat di Indonesia, pelanggan data XL sendiri naik 120 persen year on year tahun ini dibanding tahun lalu," ujar Rashad.

Untuk menyiapkan infrastruktur 4G, XL telah melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, Surabaya, dan Denpasar.

XL mengklaim modernisasi jaringan dengan upgrade BTS yang dilakukannya saat ini telah mencapai 90 persen dari total 52.000 BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, XL mengklaim seluruh jaringan XL telah siap untuk digunakan menggelar layanan 4G di frekuensi 1800 MHz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.