Sebelum 4G LTE, XL Dorong HSPA Plus di Jakarta - Kompas.com

Sebelum 4G LTE, XL Dorong HSPA Plus di Jakarta

Kompas.com - 16/03/2015, 16:15 WIB
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Titus Dondi, VP Jabodetabek Region XL menyatakan, jaringan HSPA yang digelar oleh XL tersebut mampu menberikan koneksi hingga 100 Mbps di jaringan 4G LTE pada jumpa pers di Jakarta, Senin (16/3/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata siap menghadirkan layanan HSPA+ untuk pelanggannya di wilayah Jakarta. Layanan tersebut diklaim oleh XL mampu memberikan pengalaman koneksi internet layaknya 4G LTE.

"Per 15 Maret ini, 67 persen BTS di Jakarta telah memiliki akses HSPA+, itu artinya pelanggan XL akan memiliki pengalaman data yang lebih baik," ujar Titus Dondi, VP Jabodetabek Region XL dalam acara temu media di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Area 67 persen tersebut, menurut Titus, mencakup wilayah-wilayah yang memiliki kebutuhan data tinggi di seluruh wilayah Jakarta.

"Akses internet pelanggan XL akan lebih baik walau dengan jaringan 3G," ujar Titus.

Selain itu, dengan menggelar layanan HSPA+, pelanggan tidak perlu memiliki smartphone yang mendukung koneksi 4G LTE, melainkan cukup smartphone 3G untuk menikmati layanan data dengan kecepatan layaknya 4G LTE.

Sementara VP Service Partnership Management XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, akses internet cepat HSPA+ bisa diimplementasikan berkat optimalisasi transmisi jaringan.

Melalui optimasi tersebut, koneksi jaringan XL di wilayah Jakarta diklaim telah meningkat sebesar 30-40 persen. Peningkatan tersebut menurut Gede telah dilakukan di 60 persen wilayah Jakarta.

Menurut Gede, selain menerapkan optimasi transmisi, optimasi layanan juga perlu dilakukan. Untuk memberi layanan dengan pengalaman yang memyaskan, salah satu metode yang dilakukan XL adalah dengan kompresi tanpa mengurangi pengalaman pengguna.

Gede mengklaim untuk web, data koneksi XL bisa dimampatkan sehingga turun sebesar 25 persen. Sementara, video bisa diturunkan sebesar 40 persen.

"Dengan demikian, pelanggan akan mendapatkan layanan yang optimal dengan kapasitas yang ada," ujar Gede.

Titus mengklaim, jaringan yang digelar oleh XL tersebut mampu memberikan koneksi hingga 100 Mbps di jaringan LTE, 42 Mbps di jaringan HSDPA, serta 21 Mbps untuk HSPA+.


EditorWicak Hidayat


Close Ads X