Kompas.com - 17/03/2015, 16:11 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai aplikasi peta digital, layanan Waze dapat dikatakan cukup unik. Pasalnya, peta yang ditampilkan tidak hanya dikerjakan oleh tim dari Waze saja, tetapi juga membuka diri untuk dikembangkan bersama-sama dengan penggunanya.

Tujuannya, dengan kontribusi dari pengguna, data dan informasi yang ada di peta Waze semakin akurat dan juga lengkap. Sebagai gambaran, apabila Waze menampilkan nama suatu jalan dan ada yang mengetahui bahwa nama jalan itu salah, pengguna bisa langsung berkontribusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Nah, pengguna yang mengontribusikan waktunya untuk mengedit dan melengkapi peta di aplikasi itu teryata disediakan sebuah wadah khusus oleh Waze. Tempat berkumpulnya yang gemar untuk berkontribusi itu dinamakan Waze Map Editor.

Menurut Christian Iskandar, salah satu Waze Map Editor asal Indonesia, untuk bergabung ke komunitas ini tidak sulit. Pengguna hanya perlu mendaftar di situs www.waze.com/editor dan bisa langsung mengedit peta yang sudah ada.

"Sistemnya crowdsource, semua orang bisa bergabung," beber Christian.

Level yang berbeda

Meskipun begitu, bakal ada tingkatan atau level dari para editor. Level terkecil adalah 1 dan level tertingginya adalah 6. Setiap level tersebut nantinya diberikan hak mengedit yang berbeda.

Level paling bawah hanya diizinkan mengedit radius sejauh 1 mil, sementara itu level tertinggi sudah diberi hak akses untuk mengedit peta di satu negara tertentu.

Setiap perubahan yang ada di peta sendiri nantinya memerlukan approval atau persetujuan dari level di atas pengguna. Sebagai contoh, apabila ada satu tempat yang diedit oleh pengguna level 2, maka yang bisa memberikan approval adalah pengguna dengan level sama atau lebih tinggi.

Mengapa tidak semua level bisa memberikan persetujuan? Menurut Christian, hal tersebut untuk mencegah ada yang berbuat iseng atau usil di Waze.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.