Kompas.com - 18/03/2015, 08:51 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Belum resmi dilepas ke pasar, smartphone terbaru HTC, One M9, sudah mendapat berita negatif. Menurut hasil pengujian awal, produk berbasis Android ini diketahui memiliki masalah panas yang berlebih.

Pengujian tersebut dilakukan oleh sebuah situs asal Belanda, Tweakers. Situs tersebut, melakukan berbagai pengujian dan menyimpulkan bahwa suhu dari One M9 bisa menyentuh angka yang sangat tinggi.

Seperti dikutip KompasTekno dari Ubergizmo, Rabu (18/3/2015), suhu smartphone yang diumumkan di ajang MWC 2015 lalu ini bisa saja menyentuh angka 55,4 derajat Celcius.

Suhu tersebut jauh lebih panas dari perangkat-perangkat lain, seperti Galaxy Note 4 dari Samsung, G3 dari LG, iPhone 6 Plus dari Apple, dan bahkan HTC One M8, seri One sebelum ini.

Ubergizmo
Perbandingan suhu smartphone
Dalam pengujian, suhu tertinggi iPhone 6 Plus sekitar 39,4 derajat Celcius, G3 sekitar 42,2 derajat Celcius, Note 4 sekitar 37,8 derajat Celcius, dan One M8 sekitar 38,7 derajat Celcius.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan suhu perangkat HTC One M9 bisa setinggi itu. Banyak pihak yang menduga, prosesor Snapdragon 810 pada One M9, sebagai biang keladinya.

Sekadar informasi, prosesor terbaru dari Qualcomm itu memang banyak diberitakan memiliki masalah overheating atau terlalu panas.

Jeff Gordon, Senior Global Online Communication HTC, sudah memberikan pendapatnya mengenai masalah overheat di M9. Lewat akun Twitter-nya ia menjelaskan, panas berlebih tersebut terjadi karena software yang ada di M9 masih belum sempurna.

"Piranti lunak HTC One M9 masih belum final, seberapa sering benchmark yang Anda jalankan," kicau Gordon.

Pernyataan dari Gordon ini pun sejalan dengan mundurnya jadwal peluncuran HTC One M9 di Taiwan. Menurut kabar burung yang beredar, M9 memang ditunda karena adanya masalah software.

HTC One M9 sendiri merupakan ponsel pintar pertama yang dibekali prosesor Qualcomm terbaru, Snapdragon 810.

Untuk tampilan luar, HTC One M9 tidak banyak mengalami perubahan drastis dibanding One generasi sebelumnya, M8. Meski demikian, HTC mengklaim M9 memiliki hardware dan dua kamera yang lebih mumpuni.

Klaim HTC tersebut memang beralasan karena M9 dibekali dengan prosesor delapan inti 2 GHZ, RAM 3 GB, dan kamera depan 20 MP serta kamera depan Ultrapixel 4 MP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.