Meerkat Berbenah Sebelum Twitter Bisa "Siaran Langsung"

Kompas.com - 18/03/2015, 10:18 WIB
Meerkat, aplikasi live streaming terbaru pocket-lintMeerkat, aplikasi live streaming terbaru
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Meerkat merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menyiarkan video kejadian atau momen secara langsung ke rekan atau publik. Sejauh ini, penyebaran tautan "siaran langsung" Meerkat sangat bergantung pada Twitter.

Nah, beberapa waktu yang lalu, Twitter menghentikan akses social graph untuk aplikasi "live streaming" Meerkat. Maksudnya, saat pengguna Meerkat pertama kali mendaftarkan akun, teman-teman yang diikuti di Twitter tak lagi serta-merta turut terhubung di Meerkat.

Disinyalir, pemberhentian yang dilakukan Twitter menyusul akuisisi media sosial berlogo burung ini ke kompetitor Meerkat, Periscope. Jadi, besar kemungkinan Periscope bakal mengakomodasi semua fungsi yang sebelumnya dimiliki Meerkat.

Menanggapi hal ini, Meerkat pun tak tinggal diam. Dilansir KompasTekno, Selasa (17/3/2015) dari TheNextWeb, Meerkat hari ini merilis pemutakhiran untuk aplikasinya.

Salah satunya adalah menyediakan fitur pencarian. Jadi, ketika pertama kali terdaftar, pengguna dapat mencari orang-orang yang ingin diikuti di Meerkat tanpa ada embel-embel saran dari Twitter. Untuk membangun social graph sendiri, Meerkat masih terus mencari cara yang paling mudah bagi penggunanya.

Selain itu, Meerkat juga menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses siaran langsung dari pengguna lain yang tak diikuti. Jadi, pengguna tak melulu diterpa siaran langsung dari lingkaran teman saja. Ini dilakukan Meerkat agar siaran langsung yang diakses pengguna lebih beragam.

Fitur lainnya yang tertambah adalah tutorial untuk menggunakan dan memanfaatkan semua fitur di Meerkat. Fitur ini juga khusus bagi pendaftar awal yang baru pertama kali mengakses Meerkat.

Agaknya Meerkat mulai khawatir dengan ancang-ancang dirilisnya Periscope yang baru setelah diakuisisi Twitter. Sebelum Periscope benar-benar siap untuk publik, Meerkat tentu harus gencar menciptakan fitur-fitur teranyar dan inovatif.

Seperti diketahui, Meerkat baru saja dirilis pada akhir Februari lalu. Dalam beberapa minggu ini, pengguna Meerkat terus meningkat.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran langsung dan mengunggah siaran itu ke Twitter. Saat siaran berjalan, pengguna dapat melempar komentar dengan pengguna lainnya. Siaran juga dapat dijadwalkan dan diberi tahu lebih awal.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.