Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Messenger Bakal Bisa Transfer Uang

Kompas.com - 18/03/2015, 14:04 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Facebook Messenger bakal kedatangan fitur baru. Tidak hanya dapat digunakan untuk berbincang atau mengirimkan foto kepada pengguna lain, layanan messenger tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk transfer uang.

Facebook membuat layanan kirim-terima uang ini semudah mungkin. Nantinya, untuk memanfaatkan fitur tersebut, pengguna cukup menekan tombol "$" yang terletak di sebelah tombol jempol atau Like.

Kemudian, pengguna Facebook Messenger tinggal memasukkan jumlah uang yang dikirim. Apabila pengguna baru menggunakan layanan ini untuk pertama kalinya, diwajibkan untuk mendaftarkan nomor kartu kredit atau debit yang akan digunakan.

Setelah menambahkan nomor kartu, pengguna akan langsung mendapatkan kode PIN yang harus digunakan setiap kali transfer uang.

Facebook
Fitur ini mengizinkan pengguna untuk melakukan transfer uang
Bagi si penerima uang, ia juga harus mendaftarkan rekening banknya. Caranya juga mudah. Apabila pengguna yang satu ini baru pertama kali dikirimkan uang, cukup membuka jendela perbincangan dari si pengirim uang dan langsung mengklik "Add Card" untuk mendaftarkan rekeningnya.

Sayangnya, uang yang ditransfer tersebut tidak akan langsung masuk ke akun penerima saat itu juga. Facebook mengatakan, seperti KompasTekno kutip dari Engadget, Rabu (18/3/2015), dibutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga hari untuk proses transfer tersebut.

Pun demikian, layanan tersebut baru akan hadir di Amerika Serikat untuk sementara waktu ini. Belum ada kabar, kapan fitur tersebut tersedia secara global. Layanan ini sendiri bakal tersedia di platform Android dan iOS.

Sudah aman

Salah satu kekhawatiran terbesar dari layanan berkirim uang lewat aplikasi messenger adalah keamanan. Banyak yang masih menduga bahwa layanan seperti ini masih belum begitu aman.

Ihwal kekhawatiran tersebut, Facebook menjamin bahwa layanan transfer uang tersebut aman.

Facebook berkata, pengalaman bertahun-tahun dalam menangani pembayaran untuk game dan juga iklan di situs jejaring sosial tersebut seharusnya bisa membuat pengguna merasa aman.

Selain itu, Facebook juga membeberkan bahwa ada koneksi antara perangkat dengan server juga sudah dienkripsi. Hal tersebut diklaim menambah keamanan layanan dari penjahat cyber.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com