Pabrik di Serang Bakal Produksi 20.000 Ponsel per Hari

Kompas.com - 18/03/2015, 17:59 WIB
Proses perakitan base station di PT Tridharma Kencana PT Tridharma KencanaProses perakitan base station di PT Tridharma Kencana
|
EditorReza Wahyudi
SERANG, KOMPAS.com - PT Tridharma Kencana (TDK) menyiapkan pembangunan gedung baru di areal pabriknya. Pembangunan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas produksi mereka, salah satunya dalam hal perakitan ponsel.

CEO TDK Hendryk L. Karoseli mengatakan saat ini di bagian belakang pabrik TDK terdapat lahan seluas 8.000 meter persegi yang sedang digarap.

"Insya allah Mei selesai. Jadi Juni atau Juli bisa open. 8000 meter persegi kira-kira akan menambah 4 gedung utama. Sekarang sudah selesai 30 persen," ujarnya saat ditemui di pabrik TDK, Rabu (18/3/2015).

Dalam bangunan produksi yang baru itu nantinya TDK akan menambah lini produksi ponsel, selain juga memperbesar produksi elektronik lain seperti air conditioner, TV, dan mesin cuci.

"Untuk produksi ponsel sekarang kita ada tiga line. Kita akan nambah empat line lagi sampai akhir tahun," terang Hendryk.

Satu lini produksi milik TDK, saat ini sanggup merakit sekitar 4.500 ponsel per hari. Dengan penambahan empat lini baru, Hendryk memperkirakan pabrik yang dipimpinnya bisa menghasilkan lebih dari 20.000 ponsel per hari.

Saat ini, TDK telah mengaku telah menandatangani kerjasama perakitan dengan dua vendor Tiongkok. Satu vendor merakit base station untuk base transceiver station (BTS), satu lagi merakit smartphone 4G.

TDK pun mengklaim sudah ada vendor Tiongkok lain yang mulai mendekati mereka. Tujuannya sama, untuk merakit smartphone milik vendor tersebut di Indonesia.

"Satu produsen Eropa tapi buatan China. Satu lagi produsen asal China," ujarnya tanpa mendetilkan nama produsen yang dimaksud.

Perakitan perangkat elektronik di dalam negeri, seperti yang dilakukan TDK terkait dengan peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X