Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 10 Juga Gratis untuk Pengguna Bajakan

Kompas.com - 18/03/2015, 21:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters
Bocoran tampilan start menu transparan pada Windows 10 Build 10031

KOMPAS.com - Windows 10 dijadwalkan meluncur ke pasaran sekitar pertengahan tahun 2015. Saat sudah tersedia nanti, sistem operasi terbaru ini bakal bisa diperoleh secara gratis oleh para pemilik komputer berbasis sistem operasi versi sebelumnya, yakni Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

Upgrade cuma-cuma itu, menurut informasi yang dihimpun Kompas Tekno dari Reuters, Rabu (18/3/2015), berlaku untuk semua pemilik versi Windows di atas, baik original maupun bajakan.

"Kami menawarkan upgrade pada seluruh pemilik PC yang memenuhi kualifikasi, baik asli ataupun tidak, ke Windows 10," sebut Kepala Divisi Sistem Operasi Microsoft, Terry Myerson.

Menurut dia, langkah Microsoft ini antara lain dilakukan untuk menekan angka penggunaan Windwos bajakan di Tiongkok, negeri yang menjadi rumah ratusan juta komputer berbasis Windows.

Kendati jumlahnya besar, hanya sedikit komputer di Negeri Tirai Bambu yang menjalankan software asli. Sebanyak kurang lebih tiga perempat di antaranya tak menggunakan perangkat lunak berlisensi.

Microsoft menggratiskan sistem operasi Windows 10 untuk mempertahankan basis pengguna Windows yang sudah ada saat ini. Untuk mengganti pendapatan yang hilang dari penjualan Windows, Microsoft akan menjual layanan seperti aplikasi Office lewat internet.

Di Tiongkok, Microsoft bekerjasama dengan sejumlah rekanan seperti Lenovo, Qihoo 360 Technology, dan Tencent untuk mendorong adopsi Windows 10 ketika sudah meluncur nanti.

Microsoft juga bekerjasama dengan Xiaomi untuk menyediakan Windows 10 versi uji coba di produk-produk smartphone dari pabrikan perangkat Android tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com