Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Mudahnya Membeli Konten di Google Play Store, No Kredit, No Debit!

Kompas.com - 19/03/2015, 09:31 WIB
advertorial

Penulis

Sebagai sistem operasi open source, banyak pengembang  Android berlomba-lomba membuat aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna smartphone. Tak terkecuali Indosat yang meluncurkan layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play™.

Lima hari setelah diluncurkan, fitur ini telah mendapatkan berbagai pengakuan positif dari pelaku industri  telekomunikasi. Bagaimana tidak? Terobosan yang dilakukan Indosat ini telah meningkatkan kemudahan dan kenyamanan dalam membeli konten online.

Carrier Billing merupakan metode pembelian aplikasi, content, game dan buku yang dipotong langsung dari pulsa pelanggan prabayar (IM3 dan Mentari) atau ditagihkan dalam tagihan pelanggan paska bayar Indosat (Matrix). Pembelian konten digital menggunakan pulsa ini berlaku bagi pengguna smartphone dengan operating system Android dan memungkinkan pelanggan Indosat untuk melakukan pembelian konten digital dengan mudah dan nyaman.

Perlu diingat, bahwa setiap pembelian konten digital melalui pemotongan pulsa IM3 atau Mentari ataupun ditagihkan melalui tagihan Matrix pelanggan, harga akan ditambahkan pajak 12%, sehingga harga dikenakan kepada pelanggan akan lebih tinggi 12% dari harga yang tertera di Google Play™ Store.

Andy Zain, Managing Partner Mountain SEA Ventures mengatakan “Kami menyambut dengang embira akan inovasi yang dilakukan Indosat. Sebelumnya konsumen sering khawatir dengan memberikan informasi kartu kredit mereka. Saat ini dengan penggunaan pulsa untuk bertransaksi, maka pembelian konten online akan semakin lebih mudah dan aman. Hal ini juga mendukung tumbuhnya ekosistem konten digital dengan lebih pesat”.

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan harus memiliki Google Account terlebih dahulu dan sign-in dengan menggunakan account tersebut. Pada pilihan “Payment Option”  pilih “Enable Indosat Billing”, maka untuk selanjutnya metode tersebut yang akan digunakan sebagai metode pembayaran.

Layanan ini tercipta karena menyadari, bahwa masih banyak pengguna smartphone di Indonesia belum bisa menggunakan layanan perbankan. Sistem Carrier Billing hadir untuk memberikan pilihan pembayaran yang mudah sekaligus nyaman, dibanding menggunakan metode pembayaran konvensional dengan kartu kredit atau kartu debit.

Firman Azhari, Pemenang IWIC 2014 sekaligus pengembang aplikasi local berujar, “Adanya Google Carrier Billing di Indosat merupakan sebuah terobosan positif yang bisa meningkatkan gaya hidup masyarakat dalam menggunakan teknologi smartphone. Sebelumnya saya sering kali kesulitan jika ingin membeli aplikasi berbayar di Google Play Store.  Mudah-mudahan ke depannya, masyarakat dan juga khususnya developer akan semakin dipermudah dalam memanfaatkan Google Play Store.”  Ungkap Firman.

Tak hanya layanan sistem, kenyamanan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian di Google Play™ Store juga didukung oleh kualitas Jaringan Baru Indosat, setelah selesainya program modernisasi jaringan secara nasional di 23 kota  di seluruh Indonesia. Meningkatnya kualitas jaringan Indosat  dibuktikan oleh laporan research J.P. Morgan tanggal 11 November 2014.

Uji jaringan yang dilakukan oleh Tim  Telekomunikasi Regional J.P. Morgan di Indonesia menunjukkan, jaringan Indonesia memimpin kecepatan tertinggi untuk download data di 9 kota diantara 17 kota terkemuka di Indonesia. Hal itu menunjukkan bahwa Jaringan Baru Indonesia berhasil memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam melakukan aktifitas komunikasi data.

President Director dan CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan “Layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play™ Store ini merupakan yang pertama di Indonesia, sehingga kami berharap layanan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk melakukan pembelian aplikasi, content, game dan buku melalui telepon seluler mereka tanpa perlu menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Hadirnya layanan ini juga sebagai wujud komitmen Indosat bagi masyarakat Indonesia bahwa Indosat selalu menciptakan layanan terbaru dan inovatif serta selalu terdepan di banding kompetitornya. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Indosat untuk menjadi Operator Telekomunikasi Pilihan bagi para pengguna smartphone.” (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com