Microsoft Uji Windows 10 di Xiaomi Mi4

Kompas.com - 19/03/2015, 09:35 WIB
Logo Windows 8. ist.Logo Windows 8.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft telah memastikan bakal merilis sistem operasi Windows 10 pada pertengahan tahun 2015. Pada kesempatan yang sama, pabrikan asal Redmond ini juga mengatakan tengah menguji Windows 10 pada ponsel andalan Xiaomi, Mi 4.

"Sebagai bagian dari program kami, Microsoft bekerjasama dengan Xiaomi untuk menawarkan Windows 10 secara gratis untuk kelompok terpilih pengguna Xiaomi Mi 4. Setelah menjajal sistem operasi kami, pengguna dapat memberikan masukan," begitu kata perwakilan Microsoft seperti dilaporkan TechCrunch dan dihimpun KompasTekno.

Seperti diketahui, Mi 4 berjalan pada sistem operasi Android. Penggeseran Android dari Mi 4 dimungkinkan oleh Read-only Memory (ROM) pada Windows 10 yang cocok dengan Mi 4. Pengubahannya juga terhitung sederhana.

Pengguna hanya perlu meng-install ROM yang berisi Windows 10 untuk kemudian dicocokkan pada perangkat tersebut. Setelahnya, pengguna Mi 4 bakal merasakan pengalaman menjajal sistem operasi Windows layaknya pada ponsel-ponsel Windows lainnya.

Fakta ini tentu membawa angin segar bagi Microsoft. Bisa jadi, ponsel-ponsel Android lainnya juga mumpuni untuk diubah menggunakan Windows 10. Ini bisa dijadikan peluang menangkap pasar. Jadi, pengguna Android dapat teralihkan ke Windows 10.

Tampaknya, pengujian Windows 10 ke Xiaomi Mi 4 juga merupakan taktik Microsoft dalam mengalihkan pengguna Android. Pasalnya, Xiaomi memiliki komunitas yang sangat kuat dan berpengaruh. Pangsa pasarnya juga terus melebar.

Saat ini, Xiaomi menduduki posisi ke-3 sebagai produsen smartphone terbesar. Apalagi, Mi4 merupakan produk Xiaomi yang mendulang kesuksesan besar bagi pabrikan Tiongkok tersebut

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi hal ini, Microsoft tak banyak memberi penjelasan. Sedangkan Xiaomi secara tegas mengatakan hanya membantu Microsoft. Namun, belum ada rencana mengganti sistem operasi Xiaomi menjadi Windows 10 ke depannya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.